MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 3 SAMBUNG JAWA

Authors

  • andi adam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sahrina Said Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Emmi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irmawati Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Realistic Mathematics Education Approach, Learning Outcomes, Mathematics, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik,, Hasil Belajar, , Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 UPT SD Negeri 3 Sambung Jawa yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika di kelas IV UPT SD Negeri3 Sambung Jawa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya hasil belajar siswa dari kondisi awal nilai rata-rata (pra siklus) yaitu 64 (tidak tuntas) menjadi 80,4 (tuntas) pada kondisi akhir siklus II. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari kondisi awal 30%, meningkat menjadi 65% pada evaluasi siklus I dan menjadi 85% pada evaluasi siklus II.

References

Akib, Irwan.dkk. 2022. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan.

Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Gravemeijer, K. P. E. 1994. Developing realistic mathematics education.

Lestari, Indah. 2015. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Jurnal ilmiah pendidikan MIPA 3.2). Jakarta Selatan: Universitas Indraprasta PGRI. file:///C:/Users/BARU/Downloads/118-357- 1-PB.pdf (Diakses Pada Tanggal 01 November 2022)

Misel, Erna Suwangsih. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Vol. 10, No. 2, Januari 2016. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia. file:///C:/Users/BARU/Downloads/3180-5828-1-PB.pdf (Diakses Pada Tanggal 01 November 2022)

Mustikawati, Wawat. 2020. Penerapan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tamansari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Tasikmalaya.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

adam, andi, Said, S., Rahmawati, E., Nurfadillah, & Irmawati. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 3 SAMBUNG JAWA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 1–6. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/3

Issue

Section

ARTICLES