ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.2 SMPN 2 2X11 ENAM LINGKUNG
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Proses belajar siswa yang masih kurang dan hasil belajar siswa masih rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas VIII SMPN 2 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan dengan pengambilan subjek penelitian secara Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 2 2x11 Enam Lingkung. Penelitian ini menggunakan instrumen tes akhir berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII.2 SMPN 2 2x11 Enam Lingkung berada sekitar 50% di atas kriteria ketuntasan minimal.
References
Arikunto, S. 2010. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Agustin Husnul Khotimah, D. K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi.
Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),39–44. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93
Hamalik, Oemar. (2013). Perancana Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah. Ali. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA Kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. 02(1), 11–18. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389
Sudjana. Nana (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwangsih, Erna dan Turlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.
Zulfitri Aima, Hamdunah (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 5(1), 504–512