ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.2 SMPN 2 2X11 ENAM LINGKUNG

Authors

  • Neli Asiah Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Dewi Yuliana Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Anna Cesaria Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Proses belajar siswa yang masih kurang dan hasil belajar siswa masih rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas VIII SMPN 2 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan dengan pengambilan subjek penelitian secara Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 2 2x11 Enam Lingkung. Penelitian ini menggunakan instrumen tes akhir berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII.2 SMPN 2 2x11 Enam Lingkung berada sekitar 50% di atas kriteria ketuntasan minimal.

References

Arikunto, S. 2010. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Agustin Husnul Khotimah, D. K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi.

Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),39–44. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93

Hamalik, Oemar. (2013). Perancana Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah. Ali. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA Kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. 02(1), 11–18. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389

Sudjana. Nana (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suwangsih, Erna dan Turlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Zulfitri Aima, Hamdunah (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. 5(1), 504–512

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Neli Asiah, Dewi Yuliana Fitri, & Anna Cesaria. (2023). ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII.2 SMPN 2 2X11 ENAM LINGKUNG. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 247–254. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/30

Issue

Section

ARTICLES