PENERAPAN MEDIA WINPLOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBING PROMPTING LEARNING KELAS X MATERI GRAFIK FUNGSI KUADRAT
Winplot Media, Learning Outcomes, Function Material
Keywords:
Media Winplot, Hasil Belajar, Materi FungsiAbstract
Pendidikan selalu membutuhkan inovasi baru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan memanfatkan teknologi yang pada era ini semakin canggih, seperti penggunaan Winplot. Keunggulan lainnya adalah menjadikan pembelajaran berpusat pada peserta didik agar suasana tidak membosankan. Penelitian ini akan mengimplementasikan Winplot pada materi grafik fungsi kuadrat. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan model probing prompting learning. Penelitian ini diharapkan memberikan tambahan pengetahuan mengenai media Winplot, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan instrumen tes, dokumentasi, observasi dan wawancara yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Abror Taman Sumbermalang Situbondo Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 18 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media Winplot meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan nilai tes, hasil belajar siswa meningkat sebesar 22,2%. Pada pra siklus hanya 50% (9 siswa tuntas) lalu meningkat pada siklus I menjadi 72,2% (13 siswa tuntas). Seluruh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang di ukur mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I.
References
Arifuddin, M. (2022). e-ISSN: 2807-8632 Published by : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 1102–1112. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id
Hafifah, V., Kurniasari Rahmawati, N., Luliani, E., Matematika, P., Kusuma Negara, S., Taruna Bangsa, S., & Bekasi, K. (2021). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 279–286. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1149
Kurniasari, Y., & Susanah. (2013). Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas 7 G Di Smpn 1 Rejoso. Mathdunesa, 2(1).
Nasem, N., Rudiyana, R., & Ridwan Nurzaman, D. (2021). Penerapan Metode Probing Promting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 2(1), 47–57. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.291
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Riawan Yudi, P., & Wawan, W. (2012). Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Winplot pada Materi Turunan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI-IPS SMA Muhammadiyah Se-Kabupaten Purworejo. http://www.uny.ac.id
Subagjo, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbantuan Winplot pada Materi Pemetaan Fungsi Kompleks Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPR. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11190
Wati, M. (2020). Penerapan Model Problem-based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Widya Graha Pekanbaru.