PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMAN 1 KOTO XI TARUSAN
Keywords:
think talk write, rewrite, biographical textAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Think Talk Write terhadap kemampuan menulis kembali teks biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan metode pre-experimental rancangan one group pretest-posttest. Kelas sampel yang diteliti adalah satu kelas tanpa kelas pembanding yang diambil melalui teknik purposive sampling. Kelas sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 6 yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja yang diberikan kepada siswa pada saat pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis kembali teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan meningkat pada sebelum dan sesudah menggunakan model Think Talk Write. Rata-rata hasil pretest yaitu 62,3. Nilai rata-rata hasil posttest yaitu 83,24. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai thitung = 26,97 lebih besar dibandingkan nilai ttabel = 1,691. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis kembali teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan.
References
Alfianika, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA N 1 Painan. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 101–118.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bahri, S. (2018). Implementation of Think Talk Write (TTW) Learning Model to Increase Learning Results Write Poetry on Grade 5 Elementary School. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 87–100.
Harefa, D. (2020). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Huda, M. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Kalsum, U. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Setiyaningrum, E., & Istiqomah, I. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang. Union (Sarjanawiyata Tamansiswa University), 3(1).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syahputra, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemahiraan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bintan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sksipsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Yamin, M., & Ansari, B. I. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. GP Press Group.















