PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA
Keywords:
RADEC, Literasi Matematis, Keaktifan SiswaAbstract
Riset ini didasari oleh kurangnya ketrampilan literasi matematis dan keaktifan murid, yang satu diantaranya diakibatkan oleh model pengajaran yang belum beragam dengan begitu murid kurang aktif dalam proses belajar. Karenanya, riset ini bertujuan guna memahami perbedaan dalam ketrampilan literasi matematis dan keaktifan murid setelah memanfaatkan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Creat). Riset ini termasuk riset kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada riset ini ialah semua murid yang terdapat di kelas VIII SMPN 02 Ciruas. Metode penghimpunan informasi dengan memanfaatkan tes literasi matematis dan kuesioner keaktifan siswa. Analisis informasi dilaksanakan dengan uji coba independent sample t-Test, serta uji analisis deskriptif kuesioner. Temuan riset ini diketahui memanfaatkan uji independent sample t-Test mendapat angka Sig. (2-tailed) senilai 0,036 < 0,05 dengan begitu H0 mendapat penolakan dan H1 disetujui maka terindikasi perbedaan dalam kemampuan literasi matematis murid setelah menggunakan model pembelajaran RADEC. Hasil rata-rata presentase kuesioner keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC adalah 89% dengan klasifikasi sangat baik, maka terindikasi keaktifan siswa setelah menggunakan model pembelajaran RADEC.
References
Ardianti, N. (2023). Peggunaan Model Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Tematk di Kelas VI SDN 154/IV Kota Jambi [Universitas Jambi]. https://repository.unja.ac.id/45767/
Desta tri Maharani, O., & Kristin, F. (2017). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1).
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (F. N. Atif, Ed.). PT Refika Aditama.
Husna, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/39432
Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348.
Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan model project based learning dengan pendekatan stem pada pembelajaran fisika materi elastisitas di kelas xi mipa 5 sma negeri 2 jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71–77.
Mahuda, I., Nasrullah, A., & Marlina, M. (2021). Kontribusi Self-Concept Matematis dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 51–61.
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume II): Vol. II. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264267510-en
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) What Students Know And Can Do. 1.
https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar, 8, 132–139.
Sopandi, W., Pratama, Y., & Handayani, H. (2018). Profil Perubahan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar Dan Menengah Melalui Sosialisasi Dan Workshop Read-Answer-Discuss-Explain-And Create (RADEC). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1).
Sulistyowati, R. (2021). Does Impact of Entrepreneurial Literacy and Digital Literacy on a Businessmen Who Influences the Strategy to Maintain SME in The Pandemic Era? Technium Soc. Sci. J., 18, 83.
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58.
Tembang, Y., Sulton, S., & Suharjo, S. (2017). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media gambar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 812–817.
Zainiyah, U. (2018). Literasi Matematika: Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 5–14. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm