PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Keywords:
Komunikasi Matematis, Group Investigation, Kemandirian BelajarAbstract
Studi ini berawal dari kurangnya keterampilan komunikasi matematis serta kemandirian dalam belajar pada pelajar yang diakibatkan oleh penerapan metode pengajaran tradisional. Tujuan utama dari studi ini ialah untuk mengembangkan keterampilan komunikasi matematis dan kemandirian belajar pelajar melalui implementasi metode pengajaran Group Investigation. Studi ini memakai metode Quasi Eksperimental dengan teknik kuantitatif dan desain Non-equivalent Control Group Design. Populasinya ialah semua pelajar kelas XI SMK IPTEK PATIA, dengan sampel pelajar kelas XI Multimedia A dan B yang dipilih memakai Simple Random Sampling. Sarana riset meliputi tes keterampilan komunikasi matematis dan kuesioner kemandirian belajar. Analisis informasi dilaksanakan dengan pengujian Normalitas, pengujian Homogenitas, Uji-t, dan Analisis Deskriptif Kuesioner. Temuan studi memperlihatkan Uji-t Independent Sample dengan angka sign. (2-tailed) 0,026 < 0,05, dengan begitu H0 mendapat penolakan dan H1 disetujui. Ini menandakan perbedaan krusial dalam keterampilan komunikasi matematis antara pelajar yang memakai metode Group Investigation dan pengajaran tradisional. Kuesioner kemandirian belajar pelajar memperlihatkan angka persentase 95,6% dalam klasifikasi sangat tinggi, menunjukkan peningkatan kemandirian belajar dengan metode Group Investigation.
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Ansari, B. ., & Taufik. (2018). Komunikasi matematik, strategi berpikir dan manajemen belajar : konsep dan aplikasi / penulis, Prof. Dr. Bansu I. Ansari, M.Pd. ; editor, Taufik, SE.Ak., M.Ed. (Cetakan ke). Banda Aceh : Yayasan Pena, 2018.
Autida, L., Barrientos, J., Dando, M., Indoy, M., & Jane, L. (2023). The Mediating Effect of Integrating Technology in Learning Mathematics on the Relation ship between Self-Regulated Learning. Institute of Teacher Education, Davao del Norte State College.
Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 19–20.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish Publisher. https://books.google.co.id/books?id=MfomDwAAQBAJ&pg=PA92&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=3#v=onepage&q&f=true
Fitraini, D., Lubis, I. M., & Kurniati, A. (2021). Pengaruh Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 49. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12353
Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Desa Sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2226
Hasibuan, R. (2023). Application of Group Investigation Type Learning Model to Mathematical Communication Skills. 03(04), 1052–1059.
Hendriana, H., Rohaeti, E. . ., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama, 2(3).
Marlina, M., Junedi, B., Kiawati, E. S., & Setianti, S. (2023). Analisis Rendahnya Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Regulated Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. 12(1), 189–198. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2588
Muzhaffar, M. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalu Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.
Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media EDMODO Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 1–10. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346
Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati.
Permendiknas. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 956, 1–8.
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.
Setianti, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Procejt Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Self Regulated Learning. SKRIPSI.
Stephany, P., & Igua, C. (2023). Implementation of Self-regulated Learning Implementación del aprendizaje autorregulado. June, 0–11.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Ulmi, F. (2018). Tahap Validasi Lembar Essay Assessment Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Natural Science: Jurnal, 4(1), 561–571. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/440%0Ahttps://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/download/440/360
Yuliana. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Confidence Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://repository.uin-suska.ac.id/25166/2/SKRIPSI YULIANA.pdf
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884