KETELADANAN SIFAT SIDDIQ NABI MUHAMMAD DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA STITMA
Keywords:
Keteladanan, Siddiq, KarakterAbstract
Pentingnya pendidikan karakter dalam menghadapi fenomena sosial saat ini yang ditandai oleh perilaku berkarakter rendah dan gangguan karakter. Dengan fokus pada keteladanan sifat Siddiq (kejujuran) Nabi Muhammad, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruhnya dalam pembentukan karakter mahasiswa. Dengan menggunakan metode penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini meneliti konsep keteladanan, bentuk-bentuknya, serta urgensi dan implementasi pembentukan karakter. Hasilnya menunjukkan bahwa keteladanan sifat Siddiq dapat menjadi fondasi yang kuat dalam membentuk karakter positif pada individu.
References
Akbar, M. (2019). TAFSIR TARBAWI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.5281/zenodo.2575867
Akis Indriana, R. (2017). Sifat-Sifat Rasulullah SAW sebagai Dasar Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Dies Natalis Ke-41, 5, 85–92.
Bukhari Is, S. (2024). Pendidikan Kejujuran dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan, 20(1), 1–111.
Fajriyah, N. H. (2021). Upaya Penerapan Sifat Wajib Rasul Di Era Digital Melalui Pemanfaatan Kriptografi Dalam Pengiriman Pesan. Prodising Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3(1), 37–41.
Iswan, Rahmi, F., & Kusmawati, A. (2019). Pembentukan karakter islami pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan konsep sidiq, tabligh, amanah, fathonah, istiqomah (Stafi). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 20(2), 129–141. https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/3533
Lendiansyah, L. (2019). KETELADANAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DI MTs QARYATUL JIHAD DI DESA PONDOK KUBANG …. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4151%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/4151/1/LENDIANSYAH.pdf
Musyirifin, Z. (2020). Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah dalam Konseling Behavioral. Al - Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 11(2), 151–159. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/2088
Panjaitan, S. K. dan D. (2020). Hubungan Keteladanan Guru Pak Dengan Pertumbuhan Spiritual. Jurnal Pendidikan Religius, 2(1), 4. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/440/438
PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN. (2018). 29, 369–387.
Sari, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. 3(02), 249–258.
Swasta, M. T. S., & Ulya, S. (2023). At Turots : Jurnal Pendidikan Islam Pembentukan karakter siddiq dan amanah melalui program market. 5(3), 413–418.
Yumni, A. (2019). Keteladanan Nilai Pendidikan Islam yang Teraplikasikan. Nizhamiyah, IX(1), 1–9.
Zhulaikah, N. (2022). Muta ’ allim : Jurnal Pendidikan Agama Islam Pendidikan Karakter : Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Nubuwwah Pada Siswa di Aqobah International School Jombang Pembentukan Karakter : Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Nubuwwah Pada Siswa Di A. 1(2), 188–207.