MENGANALISIS UNSUR FISIK PUISI SISWA KELAS VIII-4 DALAM MENCIPTAKAN PUISI DI MTsN 2 MEDAN

Authors

  • Ruhamaus Saniah Damanik Universitas Negeri Medan
  • Izmi Padillah Sijabat Universitas Negeri Medan
  • Rani Sri Necha Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Achmad Yuhdi Universitas Negeri Medan

Keywords:

Analisis, Unsur Fisik, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas VIII-4 MTsN 2 Medan dalam membuat puisi dari unsur fisik puisi seperti tema, diksi, rima, imajinasi dan amanat. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen berupa puisi karya siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 MTsN 2 Medan dengan objek penelitian berupa teks puisi sebanyak 28 puisi yang dibuat berdasarkan pengalaman, peristiwa atau suatu benda yang berkesan yang ada di lingkungan sekitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan siswa pada aspek tema memproleh persentase rata-rata 86% dengan ketegori sangat baik, aspek diksi memperoleh presentasi rata-rata 68%, aspek rima memperoleh presentase rata-rata 89%, aspek imajinasi memperoleh presentase rata-rata 68% dan aspek amanat memperoleh presentase rata-rata 89%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-4 MTsN 2 Medan dalam kategori cukup baik, yaitu rata-rata 80%.

References

Abdussamad, Zuchri., 2021, Metode Penelitian Kualitatif, CV. Syakir Media Press, Makassar.

Afifah, 2009, Pengajaran Puisi Sebuah Penelitian Tindakan Kelas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Arikunto, S., 2010, Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Dahliana, D., Taufina, T., Nasrul, S., & Sukandar, W., 2019, Pengaruh Teknik Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar, JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 17-27.

J. Waluyo, Herman., 1995, Teori dan Apresiasi Puisi, Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Jabrohim, et al., 2009, Cara Menulis Kreatif, Putaka Pelajar, Yogyakarta.

Kosasih, E., 2012, Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Yrama Widya, Bandung.

Munadi, Yudhi., 2012, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press, Jakarta.

Nugrahani, Farida., 2014, Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahas, Cakra Books, Solo.

Permana, D., & Indihadi, D., 2018, Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik, PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193-205.

Pradopo, Rahmat Djoko., 2012, Pengkajian Puisi, Gadjah Mada Universitas Press, Yogyakarta.

Sudaryanto, 2001, Metode dan Taknik Analisis Bahasa, Duta Wacana University Press, Yogyakarta.

Uno, Hamzah B., 2009, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Wardoyo, Sigit Mann., 2013, Teknik Menulis Puisi, Graha Iimu, Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ruhamaus Saniah Damanik, Izmi Padillah Sijabat, Rani Sri Necha Simbolon, & Achmad Yuhdi. (2024). MENGANALISIS UNSUR FISIK PUISI SISWA KELAS VIII-4 DALAM MENCIPTAKAN PUISI DI MTsN 2 MEDAN . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 437–444. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/321

Issue

Section

ARTICLES