PERJUANGAN MENUJU CAHAYA PENDIDIKAN PADA NOVEL EDUCATED (TERDIDIK) KARYA TARA WESTOVER: ANALISIS AUTOBIOGRAFI
Keywords:
Autobiografi, Pendidikan, Perjuangan, Identitas Tara Westover, novel EducatedAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjuangan menuju cahaya pendidikan dalam novel "Educated" karya Tara Westover dari perspektif autobiografi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teori autobiografi sebagai landasan analisis. Sumber data penelitian berupa kutipan kalimat dari novel yang menggambarkan perjalanan hidup penulis dalam memperoleh pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menggambarkan transformasi Tara dari anak yang tidak berpendidikan menjadi akademisi melalui perjuangan yang melibatkan pencarian identitas diri, konflik dengan keluarga, serta trauma masa kecil. Pendidikan memainkan peran kunci dalam pembentukan identitas Tara, tetapi juga menciptakan jarak dengan keluarganya yang fanatik. Autobiografi ini memberikan wawasan tentang konteks sosial dan budaya yang mempengaruhi kehidupan Tara serta menggambarkan kompleksitas identitas yang terbentuk oleh pengalaman-pengalaman unik dan menantang. Novel "Educated" dapat digunakan sebagai alat bantu pemahaman terhadap berbagai disiplin ilmu dan memberikan kontribusi terhadap dunia ilmu pengetahuan dan budaya di Indonesia.
References
Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766-1770.
Amri, M. (2008). Auto/Biografi Indonesia: Sejarah dan Telaah Singkat. dalam Jurnal Bahasa dan Seni, 36(1), 49-58.
Ariska, W., & Amelysa, U. (2020). Novel dan Novelet. Guepedia.
Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232.
Jannah, M., & Fuad, M. (2015). Pengembangan bahan ajar bermain drama berbasis autobiografi Habibie dan Ainun. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2 Sep).
Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).
Setiawaty, R., Sabardila, A., Markhamah, M., & Santoso, T. (2021). Bentuk-Bentuk Sinonimi dan Antonimi dalam Wacana Autobiografi Narapidana: Kajian Aspek Leksikal. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 79-101.
Westover, (2021). Educated (Terdidik). Gramedia Pustaka Utama.