PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SEKECAMATAN TOBADAK KABUPATEN MAMUJU TENGAH
Keywords:
Kedisiplinan Siswa, Perhatian Orang Tua, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan mengetahui adanya nya pengaruh kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Kelas V SD sekecamatan Tobadak kabupaten Mamuju Tengah. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalahseluruh siswa Kelas V SD sekecamatan Tobadak kabupaten Mamuju Tengah yangberjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 siswa. Teknik analisis data yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran kedisiplinan siswa menunjukkan kategori tinggi, perhatian orang tua siswa menunjukkan kategori tinggi dan prestasi belajar siswa dapat digambarkan pada dokumentasi nilai rapor yang diperoleh siswa serta kedisiplinan siswa dan perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa khususnya di Kelas V SD sekecamatan Tobadak kabupaten Mamuju Tengah.
References
Abdorreza Kordi, Rozumah Baharudin. 2010. Parenting Attitude and Style and ItsEffect on Children’s School Achievements. International Journal of Psychological Studie. University Putra Malaysia, 43400 Selangor, Malaysia. (online). Vol. 2.No. 2. Tersedia:. http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijps/article/view/6158/638.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta.
Alimaun, Imam. 2015. Pengaruh Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar SiswaKelas V Sekolah Dasar se-Daerah Binaan R. A. Kartini KecamatanKutoarjo Kabupaten Purworejo. Skripsi Unniversitas Negeri Semarang.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Atta, Amer Malik & Asif Jamil. 2012. Effects of Motivation and ParentalInfluence on The Educational Attainments of Students at Secondary Level.Academic Research International ISSN-L: 2223-9553, ISSN: 2223-9944Vol.2, No. 3,May 2012http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.2(3)/2012(2.3-52).pdf.
Azizah, Siti Nur. 2009. Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan PrestasiBelajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP N 2 Temon KulonProgo Tahun Pelajaran 2008/2009.
http://digilib.uinsuka.ac.id/2169/1/
Budiyono. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar.Skripsi.
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya:Usaha Nasional.
Ehiena, O. S. 2014. Disciple and Academic Performance (A Study of SelectedSecondary Schools in Lagos, Nigeria). International Journal of AcademicResearch in Progressive Education and Development. (Online). Vol.3 No. 1. Tersedia: http://hrmars.com/hrmars_papers/Discipline_and_Academic
Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2002. Manajemen Kelas.