PENGEMBANGAN MEDIA BERUPA KARTU DOMINO PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 101788 MARINDAL

Authors

  • Oloan Marianti Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Samsul Bahri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Keywords:

Media Pembelajaran, Berupa Kartu Domino, Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu domino yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang variatif pada pelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 101788 Marindal. Dengan adanya media pembelajaran berupa kartu berjenis modifikasi domino ini membuat peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran di dalam kelas.  Penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg and Gall dilakukan dengan tujuh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk.  Media pembelajaran berupa kartu domino pada materi yang telah dikembangkan telah diujikan melalui angket validasi media dengan rata-rata penilaian sebesar 65,00% dikategorikan “Layak”, angket validasi materi dengan rata-rata penilaian sebesar 82,00%  dikategorikan  “Sangat Layak”, dan uji coba produk  disekolah : SD Negeri 101788 Marindal Kecamatan Patumbak yang diperoleh rata-rata penilaian sebesar 80,00%  yang dikategorikan sangat “Layak” Hal ini menunjukkan media tersebut “Layak” digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Alannazir Wahyullah, 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Mannuruki”, Jurnal of EST, Vol. 2, No. 2.

Anwar Chairul, 2017, Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Konteporer, Yogyakarta ,IRCiSoD.

Arsyad Azhar, 2011, Media Pembelajaran Edisi Revisi, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.

Asyhari Ardian dan Helda Silvia, 2015,”Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Tematik Terpadu”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Albiruni, Vol.5, No.1.

Azam Much, 2015 Akrab dengan Dunia IPA untuk Kelas IV SD/MI, Jakarta ,PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Daniati, dkk. (2020). “27 Cara Asyik Belajar Matematika”. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Dwi Larasati Lucky, Sri Poedjiastoeti,2016, “Pengembangan Permainan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Unsur bagi Siswa SMALB Tunarungu”. Journal of Chemical Education, Vol.5, No. 1.

Dwika Fira Yulanda, Nurjannah

Fitriyahningsih Rahayu, Rochmawati, 2014, “Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Ayat JurnalPenyesuaian”.Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol.2, No.2

Filza Yulina Ade Sohibun, 2017, “Pengembangan Media pembelajaran berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive”, Jurnal Tadris , Vol. 2, No. 2 .

Hestuaji, dkk , 2013,”Pengaruh media kartu domino terhadap pemahaman konsep pecahan”. Journal Didaktika Dwija Indria,3(1)

Hidayat, dkk: 2021

Irmawati Siti, 2015, ”Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together(NHT) berbasis kartu domino terhadap pemahaman konsep hitung campuran” Jurnal Didaktika Dwija Indria(Solo),Vol. 3, No.4.

Irwandani dan Siti Juariah, 2016, ”Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Albiruni, Vol.5, No.1

Maratul Khasanah Puji, 2014, “ Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Domino Kata Bergambar Siswa Kelas V SD”, journal FKIP UNS, Vol 4, No 2.

Mardati Asih dan Muhammad Nur Wangid, 2015, ” pengembangan media permainan kartu bergambar dengan teknik Make a Match untuk kelas 1 SD, Jurnal Prima Edukasia” Vol.3, No.2.

Nuralita Lingga Dewi Riske, 2015, “Pengaruh Metode Make a Match Gambar terhadap Kemampuan Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia seperti Kebhiekaan Siswa Kelas III SDN Purwodadi Kec. Kras Kab Kediri Tahun Ajaran 2015” Jurnal Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol.2, No.2.

Nurfitriyanti, dkk. 2016. Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2),247-256.

Putu Desak, 2013, ”Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan siswa”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3 No.1.

Pt Diva Luh, 2013, “Penerapan Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantu

Kartu Domino untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV”, e-Jurnal Undiksha,Vol 1, No 1.

Panjaitan, Dedy .Juliandri (2016) Penerapan Permainan Domino Untuk Meningkatkan Penguasaan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Kultural. Volume 17 Nomor 1:6104

Panjaitan, Dedy.Juliandri (2018, April).Permainan Domino Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. In The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS).

Rusman (2014: 254)

Sukmawarti & Hidayat: 2020)

Shawmi Ayu Nur, 2016, “Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah(MI) dalam Kurikulum 2013, ”, Jurnal Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol.3, No. 1 Sugiarti (2017: 111)

Samatowa Usman, 2016, Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,Jakarta PT Indeks.

Sanjaya Wina, 2015, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi, Jakarta, Kencana.

Simpiani Luh dan Nyoman Jampel, 2013, ”Penerapan Metode Bermain Kartu Domino untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari2 Singaraja”, E-Jurnal Undiksha, Vol.1, No.1.

Sugiyono,2015, Metode Penelitian Pengembangan R&D, Bandung , Alfabeta.

Sujiono Anas, 2013, pengantar evaluasi pendidikan, Yogyakarta, PT Grafindo Persada.

Sulastri Ni Made, 2013,”Penerapan Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Domino Angka Untuk Meningkatkan KemampuanMengenak Lambang Bilangan”.e-journal PGSD UniversitasPendidikan Ganesha,Vol.3.,No 1

Suprihatin Siti, 2015, ” Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol.3 No. 1 .

Syaifuddin Mohammad , 2017,“Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta”, Jurnal Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol.2, No.2.

Riduwan, 2014, Dasar-dasar Statistika, Bandung, Alfabeta.

Tursinawati, 2016, “Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran Percobaan pada Pembelajaran Tematik di SDN Kota Banda Aceh”, Jurnal Pesona Dasar, Vol.2, No.4.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Oloan Marianti Siregar, & Samsul Bahri. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA BERUPA KARTU DOMINO PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 101788 MARINDAL . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 514–527. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/328

Issue

Section

ARTICLES