PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN DI SEKITARKU DI KELAS IV SD 064991 MEDAN AMPLAS

Authors

  • Uci Cahaya Pramida Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Hasanah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Keywords:

LKS, Project Based Learning, Tematik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya LKS khusus yang mengintegrasikan LKS berbasis Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan Lembar Kerja Siswa  berbasis Project Based Learning pada pembelajaran Tematik Tema Lingkungan disekitarku di kelas IV SDN 064991 Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan dibatasi tidak menggunakan langkah Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analisis dengan langkah studi pendahuluan, desain produk, dan pengembangan produk. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dengan empat kategori yaitu tidak valid, cukup valid, valid dan sangat valid disusun dalam bentuk checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa  Berbasis Project Based Learning layak digunakan pada pembelajaran tematik tema lingkungan di sekitarku di kelas IV SDN 064991 Medan Amplas hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil Validator ahli materi memberikan penilaian mencapai 78%. Validator ahli media  82% Validasi hasil respon guru 86%. Validasi  oleh ahli materi dilaksanakan 1 tahap dan menghasilkan materi dengan penilaian baik. Selanjutnya validasi oleh ahli media dilaksanakan 1 tahap dan menghasilkan media penilaian baik. Berdasarkan nilai yang diperoleh pada uji validasi Materi, validasi Media, respon guru terhadap media ini termasuk kedalam kategori yang valid dan sangat layak  dan mempengaruhi hasil belajar siswa

References

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alan. 2012. Lembar Kerja Siswa http://www.slideshare.net/alandonesyi/handoutlks pada tanggal 2 Januari 2016

Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan

Ambarita, Jenri, dkk. (2020). Pembelajaran Luring. Indramayu: Adanu Abimata

Andi Prastowo, Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Jakarta: Kencana PrenadamediaGrup, 2015), h. 262.

Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membaca Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:

Bandung: Alfabeta.

Benny A. Pribadi, 2009, Model Desain Sistem Pembelajaran Jakarta: Dian Rakyat.Djamarah, S. B. & Zain, A. (2011), Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Pustaka Setia.

Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8, No. 3, 2018, h. 253-263.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Depdiknas

Diva Press, 2015.Ardian Asyahari, Widya Wati, dan Nani Umi Saidah, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter Melalui Four Steps Teaching Material Development”. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2016, h. 38

Endang Mulyatiningsih, 2012, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan,

Fatmawati, Kiki. Implementasi Kurikulum 2013 : Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Jambi 2013

Harisman Nizar, Somakim, dan Muhammad Yusuf, Pengembangan LKS denganModel Discovery Learning pada Materi Irisan Dua Lingkaran, “Jurnal Elemen”, 2.2 (2016), h. 162.

Lailatul Usriyah, M. Suwignyo Prayogo, “Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Lembaga Pendidikan Dasar Islam”, Jurnal Tadris, Vol. 13, No. 2 (Desember 2018), h. 195-196.

Maria Anita Titu, “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi”, Prosiding Seminar Nasional, 9 Mei 2015.

Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung:RemajaRosdakarya, 2012)

Nuning Setyowati, Mawardi, “Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran

Nurul Hidayati Rofiah, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis KIT untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar IPA di SD/MI”. Jurnal Al-Bidayah, Vol. 6 No. 2 (Desember 2015), h. 257.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., &Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.

Ratna. 2013. Lembar Kerja Siswa. http://lifeiseduation09.blogsdpot/co.id/lembar Kerja siswa 10 Maret 2013diakses tanggal 2 Januari 2016.

Syarifuddin. 1996. Efektifitas PenggunaanLKS dalam Pengajaran BahasaIndonesia terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I SLTP Negeri26 Ujung Pandang. Skripsi. Ujung Pandang : FBS IKIP.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015), h. 244.tahap-tahap pembelajaran tematik

Wandhiro. 2011. PengembanganBahan Ajar Berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS)http://pridapurwaka.blogspot.com/2013 diakses 2 Januari 2016.

Yulita Dyah Kristiani “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model Pada Pembelajaran Fisika Disma”, Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.5, No.2, September 2016, h. 123.(Diakses 20 Januari 2019).

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Uci Cahaya Pramida, & Hasanah. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA LINGKUNGAN DI SEKITARKU DI KELAS IV SD 064991 MEDAN AMPLAS. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 528–537. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/329

Issue

Section

ARTICLES