ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PROTISTA DI SMA NEGERI 1 GODONG

-

Authors

  • Eko Retno Mulyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Laili Nur Hanifah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Gaya Belajar, Hasil Belajar, Materi Protista, Siswa, SMA Negeri 1 Godong

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan individu. Untuk mencapai tujuan pendidikan, guru perlu memperhatikan gaya belajar siswa agar proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa kelas X dan hubungannya dengan hasil belajar pada materi Protista di SMA Negeri 1 Godong. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan sampel sebanyak 68 siswa dari kelas X MIA 3 dan X MIA 5. Data gaya belajar dikumpulkan melalui angket, observasi, dan wawancara. Sedangkan data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang paling dominan dimiliki oleh siswa, diikuti oleh gaya belajar auditori dan kinestetik. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik tergolong baik, meskipun terdapat variasi dalam kategori hasil belajar. Berdasarkan hasil uji korelasi dan regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar pada materi Protista di SMA Negeri 1 Godong. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya perhatian terhadap gaya belajar siswa dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif. Sarana dan prasarana yang memadai juga berperan penting dalam mendukung proses pembelajaran.

References

Anggraini, K. 2019. Pengaruh Gaya Belajar dan Kedisplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Klecon 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chania, Y., Haviz, M., Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA N 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek 8(1):77-84

Kasmirawati. S. 2013. Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.

Nurlia, dkk. 2017. Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, Edisi April 2017.

Qomariyah. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Blega. Skripsi Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang

Rijal, S & S. Bachtiar. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika. Vol 3. No.2: 15-20.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taiyeb, A. M dan Nurul Mukhlisa. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 TANETE RILAU. Jurnal Bionature. Vol 16 dan Nomor 1: 8-16.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wulandari, M. dkk. 2014. Analisis Gaya Belajar Siswa dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Eko Retno Mulyaningrum, Ipah Budi Minarti, & Laili Nur Hanifah. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS X TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PROTISTA DI SMA NEGERI 1 GODONG: -. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 263–271. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/33

Issue

Section

ARTICLES