PENTINGNYA PEMBELAJARAN PPKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indy Permata Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Reza Rachmadtullah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Pembelajaran PPKN, Karakter Jujur

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran PPKn dalam membentuk karakteristik siswa disekolah dasar, agar siswa dapat mengetahui lebih dalam lagi mengenai karakter kejujuran dan hal tersebut sangat penting untuk diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menanamkan, mengembangkan karakter jujur, dan mengetahui bagaimana siswa dalam menerapkan karakter jujur didalam lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Pengambilan data yang diperoleh yaitu 2 observasi siswa kelas V, 2 wawancara siswa kelas V, 1 wawancara guru kelas, dokumentasi saat observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peran guru dalam membentuk karakter dan juga moral siswa dengan fokus dalam nilai kejujuran, pendekatan positif, penghargaan, dan juga pujian dari guru terhadap siswa yang telah menunjukkan kejujurannya yang dianggap strategis efektif.

References

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349-8358.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304.

Azzarima, M., Pratama, H. R., & Settiya, M. W. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 1(1).

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113-125.

Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110-120.

Cahyani, L. I., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Program Kantin Kejujuran untuk Meningkatkan Karakter Jujur di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1).

Dany, S. A., Putri, N. A., Karimah, N., & Marini, A. (2023). Pembelajaran Ppkn Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 997-1008

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Kamila, J. T., Putri, S. B., & Haliza, V. N. (2021). Penanaman Karakter Smart Young And Good Citizen untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5234-5240.

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258-5265.

Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261- 270.

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169-5178.

Lailiyah, D. H. (2021). Pembentukan karakter jujur kepada siswa melalui ekstrakurikuler drumband MIN 3 Buleleng (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Mulyadi, D., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2019). Kajian tentang penumbuhan karakter jujur peserta didik sebagai upaya pengembangan dimensi budaya kewarganegaraan (civic culture) di SMA Alfa Centauri Bandung. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220-232.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.

Prasticha, O. D., Rahmawati, A., Yanalesta, D., & Murtiningsih, I. (2021). Peranan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Karakter Kejujuran Peserta Didik di SMK PGRI Sukoharjo. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 3(2), 125-133.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Damayanti, E., & Hilaliya, T. (2022). Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Journal on Teacher Education, 4(2), 1351-1358.

Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109-118.

Rukiyati, R., & Sutrisnowati, S. A. (2022). Pendidikan karakter jujur melalui metode bercerita di sekolah dasar di Yogyakarta. Litera, 21(3).

Sahabsari, A., & Suwanda, I. M. (2022). Strategi Guru Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 196-210.Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193-3202.

Saepullah, A., Anshorullah, A. H., Maulana, A., Ardiansyah, M. N., Santika, N. D. A., Sudrajat, S., ... & Kania, I. (2022). Manajemen Pendidikan Keluarga dalam Penanaman Karakter Jujur untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 2(2).

Sudarmin, S., Muhajir, M., & Kadir, D. (2021). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 259- 262.

Suhandi, A. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 13(1), 40-50.

Widiyanti, L. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Kejujuran Siswa Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2)

Winandar, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Peran Mata Pelajaran PKN Dalam Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pada Kehidupan Sosial. Journal on Education, 3(3), 263-269.

Zulyan, Z., At, A. O., Qurniati, A., & Hasibuan, M. (2021). Implementasi Karakter Kejujuran Melalui Pembelajaran PKn di SMP Kota Bengkulu. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 550-556.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Indy Permata Sari, & Reza Rachmadtullah. (2024). PENTINGNYA PEMBELAJARAN PPKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR SISWA SEKOLAH DASAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 589–596. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/334

Issue

Section

ARTICLES