PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Dian Anggraini Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Ryan Hidayat Rafiola Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Flipped classroom, Kepercayaan Diri, Kemampuan Berbahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaplikasian model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian mahasiswa manajemen Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Secara acak dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu 45 orang mahasiswa dikelas M.2 sebagai kelas kontrol dan 35 orang mahasiswa di kelas M.1 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran model Flipped Classroom dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara (speaking) dan kuisioner untuk mahasiswa M.3. Data dihitung dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan antara hasil postes mahasiswa kelas eksperimental dan mahasiswa kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang menunjukkan signifikansi dari nilai akhir di kelas eksperimen 0,040 lebih rendah dari 0,05 atau bisa diformulasikan dengan 0,040<0,05. Artinya terdapat perbedaan nilai akhir yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen; (2) mahasiswa senang dengan pengaplikasian Flipped Classroom, termotivasi, lebih mudah berbicara dalam Bahasa Inggris, terbantu dalam berbicara dalam Bahasa Inggris, dan dapat belajar dimanapun dan kapanpun.

References

Al Rowais, A., S. The Impact of Flipped Learning on Achievement and Attitudes in Higher Education. International Journal for Cross- Disciplinary Subjects in Education, 2014; 4(1):1914-1921.https;//doi.org/10.20533/IJCDSE.2042.6364.2014.0266

Apriyanti, Y., & Nyeneng, I. D. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Getaran Harmonis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 69–79.

Ary, Donald. Introduction to research in educational eleventh edition Canada: Nelson Education. Ltd,.2010

Bergmann, J., & Sams, A. Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education. 2012.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2014

Qahfi, & Rahmatillah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 1 Donggo. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 133–139.

Quyen, T., T., T., & Loi., N. Flipped Model for Improving Students’ English Speaking Performance. Can Tho University Journal of Science, 2018;54 (2):90-97.

Romero-Garcia, C., Buzȯn-García, O., & Touron, J. The Flipped Learning Model in Online Education for Secondary Teachers. Journal of Technology and Science Education, 2018 9(2), 109-121. https://doi.org/10.3926/jotse.435

Sihaloho, Evi, Y., M., Suana, W., Suyatna, A., Sumantri, J., No, B., & Lampung, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal EduMatSains, 2(1), 55–71.

Sugiyono. Penelitian pendidikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan R& D. Bandung: Alfabet. 2013

Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.27 2

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Krit. Edutcehnologia, 3(2), 160–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/ed utechnologia/article/view/9147

Fayudha, B. R. (2021). Pengaruh Model Alc Berbantuan Aplikasi Lingmat Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i 2.6560

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45– 53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1. 45-53

Paramita. N.L.P.A., Suastra. I.W., & Margunayasa. I.G. Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPA. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia . Vol.7 No 2, Agustus 2023

Tucker, B. (2012). The Flipped Classroom: Online Instruction at Home Fess Class Time foe Learning. Education Next, 12(1), 82-83.

Zainuddin, Z & Halili, S.H (2016). Flipped Classroom Research and Trends from Different Fields of Study. International Review Research in Open and Distributed Learning. Volume 17, no.3. doi: 10.19173/irrodl.v17i3.2274

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Dian Anggraini, & Ryan Hidayat Rafiola. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI PERGURUAN TINGGI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 614–624. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/337

Issue

Section

ARTICLES