MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP PEMAHAMAN LITERASI MORAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Keywords:
Inside Outside Circle, Literasi Moral, Pendidikan Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman literasi moral siswa yang kurang Upaya yang dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang lebih menyenangkan yaitu model pembelajaran inside outside circle (IOC). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model inside outside circle (IOC) terhadap pemahaman literasi moral pada pembelajaran pendidikan pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental menggunakan desain nonequivalent control group. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya dengan jumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inside outside circle berpengaruh terhadap kemampuan literasi moral siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila.
References
Alifatul Alfiana. (2021). Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. 1(7), 1–8.
Ariasih, G. A. N., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 28. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i1.20765
Desfriyati, D., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Pentingnya Melakukan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 92–95. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2510
Dianasari, D., & Hidayah, Y. (2019). Pancasila Sebagai Literasi Moral Pada Pendidikan Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 12–18.
Fathurrohman, F. (2019). Implementasi Pendidikan Moral Di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2929
Kurniawan, T. (2020). Pendidikan Moral Lawrence Kohlberg. Betang Filsafat, 8(31), 1–8.
Munjiatun, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter: Antara Paradigma dan Pendekatan. Jurnal Kependidikan, 6(2), 334–349. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1924
Mutia. (2021). Characteristics of Children Age of Basic Education. Jurnal Fitrah, 6(August), 128.
Nafaida, R., , N., & , N. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57–61. https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807
Noge, M. D., Tegu, Y. I., & Kaka, P. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 451. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2640
Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955
Novita, M., Zakki, M., & Inayati, N. L. (2022). Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membina Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda Pendahuluan Pendidikan moral bukanlah subjek yang baru dalam lingkup pendidikan . menumbuhkan nilai-nilai moral bagi pribadi anak , supaya mandiri ma. 2(1), 95–105.
Posma Tamba, Patri Janson Silaban, A. S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Inside Outside Circle Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 301–307.
Purwanti, S. R. dan, & Wahyuningsih, L. (2016). Implementasi Pendidikan Moral Terahadap Mata Pelajaran. Jurnal Didaktika, 10(2), 1–10.
Ramlafatma, R., Oruh, S., & Agustang, A. (2021). Efektivitas Pendidikan Moral Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di TK Islam Terpadu Asa Sumbawa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 215–221. https://doi.org/10.36312/jime.v7i4.2433
Ratnasari, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar. Edumedia : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 42–45.
Riyana, M., Farida, F., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah: Dampak Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Dengan Pendekatan Metaphorical …. … Pendidikan Matematika, 8(1), 2579–4647.
Saryono, E., Syafruddin, D., & Supiandi, M. I. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keseimbangan Ekosistem. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1), 40–50. https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.241
Simatupang, M. D., & Wijayanto, A. W. (2021). Analisis Klaster Berdasarkan Tindakan Kriminalitas Di Indonesia Tahun 2019. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 6(1), 10–19.
Sugiyo Pranoto, Y. K. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Edukasi, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962
Tuasamu, K. A. (2022). Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Inside Outside Circle untuk Membentuk Karakter Peserta Didik. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 50–53. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v2i2.1118