EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DAN PEMBELAJARAN TAKSONOMI KOGNITIF SEBAGAI METODE BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISWA

Authors

  • Riswan Institut Madani Nusantara (IMN)
  • Kun Nurachadijat Institut Madani Nusantara (IMN)

Keywords:

Metode Ceramah, Taksonomi Kognitif, Al-Qur’an dan Hadist

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode ceramah dengan cara menyampaikan pembelajaran menggunakan penyampaian yang baik dan benar dengan metode taksonomi kognitif yang pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi MTs dan guru mata pelajaran, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum di MTs Azzainiyyah. Analisis data dilakukan saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Berdasarkan pengolahan data yang telah disajikan, maka secara umum dapat ditarik kesimpulan Analisis Metode Ceramah dengan metode taksosnomi dalam pelajaran Al-Qur’an dan Hadist di MTs Azzainiyyah sudah terlaksana dengan baik.

References

Azizl, Farhan. Nurjanah, Fajrin. Permata, Dyah. Aktualisasi TTB (Teori Taksonomi Bloom) Melalui Drama Kepahlawanan Guna Penanaman Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Jember: Universitas Jember.

Bloom, B.S. (Ed.), M.D., Frurst, E.J., Hill, W.H., dan Krathwohl, D.R.“Taxonomy of Educational Objectives”: Handbook I: Cognitive Domain. New York.

Gunawann, Imam dan Retno Anggarini. Taksonomi Bloon-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, dan Penilaian. Madiun: GGSD FIP IKIP PGRI Madiun.

Kuntowijoyo. 2006. Maklumat Sastra Profetik. GrafindoLefoe, Geraldine 1998. “Creating Constructivist Learning Environments on the Web: the Challenge in Higher Education. ASCILITE, Hal. 453-464 [12 November 2011).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.Bandung: CV Pustaka Pelajar.

Luchini, Pedro Luis. 2006. “Listening Skill Teaching: some Pedagogical Considerations”. Journal of Language Studies, Vol. 3. Hal: 317-344. [12 Mei 2012].

Ross. 2006. ESL Listening Comprehension: Practikal Guidelines for Teachers. Samsul Munir Amin, Ilmu Tasawuf (Jakarta: Amzah, 2012)

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Riswan, & Kun Nurachadijat. (2023). EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DAN PEMBELAJARAN TAKSONOMI KOGNITIF SEBAGAI METODE BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISWA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 272–280. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/34

Issue

Section

ARTICLES