PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KOLASE BERBASIS BAHAN RAMAH LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA KEGEMARANKU DIKELAS I SD NEGERI 064991 MEDAN AMPLAS
Keywords:
Kolase, Tematik, KegemarankuAbstract
Penelitian ini bertolak pada pembelajaran ramah lingkungan tidak hanya dilaksanakan pada kegiatan ekstrakurikuler. Tetapi juga harus dilaksanakan pada intra kurikuler seperti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan kolase yang berbasis bahan ramah lingkungan sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses pengembangan dan kelayanan buku panduan kolase berbasis bahan ramah lingkungan pada pembelajaran tematik kelas I. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) yang dikembangkan menggunakan metode ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket (ahli materi, ahli desain,angket respon guru,dan uji coba kelompok terbatas yang dilakukan di Sd Negeri 064991 Medan Amplas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan kolase yang dikembangkan telah memenuhi syarat untuk digunakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan total skor 29 dengan persentase kelayakan 72,5% kriteria “Layak”. Penilaian ahli desain mendapatkan total skor 35 dengan persentase kelayakan 87,5% kriteria “Sangat Layak”.Angket respon guru mendapatkan total skor 35 dengan persentase kelayakan 100%. Dengan demikian, buku panduan kolase berbasis bahan ramah lingkungan pada pembelajaran tematik tema “Kegemaranku” dikelas I yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan dalam pembelajaran
References
Amalia, Nunung Fika dan Susilaningsih, Endang. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (2).
Anas, Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Asiani Abu, Kurniati, Aisyah Hading, ‘Pewarnaan Tumbuhan Alami Kain Sutera Dengan Penggunaan Fiksator Tawas, Tunjung Dan Kapur Tohor’, 2 (2016), 86-91.
Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. 2008. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.
Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.
Hamnur, F., Letsado, M.A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran PKn Berbasis Saintifik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar.Makalah di Presentasikan pada Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I. Pedir Research Institute Kupang. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1121.
Hidayat, Anwar. 2017. Perancangan Buku Panduan Teknik Brush Calligraphy Script. Digital Library ISI Yogyakarta: 1-19.
Hidayat & Khayroiyah, S . (2018). Pengembangan Desai Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
N. Sugiartawan, A.A.I.N Marhaeni, W. Lasmawan tahun 2014 volume 4 dengan judul “Pengubahan Pola Sikap Meniru dan Apresiasi Karya Seni melalui Pengembangan Daya Cipta berbasis Pengolahan Barang Bekas dengan Teknik kolase”. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar.
Pebriana dkk. 2017. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano. 3 (1).
Rusman. 2011. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Santoso, Roy, dkk. 2015. Perancangan Buku Panduan Belajar Menggambar untuk Anak Usia 4-6 Tahun. DKV Adiwarna, 1(6): 1-13.
Sholehah, Lutfi Alimatus. 2017. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal disekolah dasar: sebuah kerangka konseptual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1),48-53.
Sonia Sinta & Hasanah. 2023. Pengembangan Media Diorama Pada Mata Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi Dikelas III Sekolah Dasar.EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 02 Nomor 3.
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/2124
Solichah, Silvana & Ayusari, N. 2017. Keterampilan Kolase. Yogjakarta: Indopublika.
Serafica Gischa, Seni Kolase dan Caranya, 21Januari 2021https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/21/145802669/seni-kolase-dan-caranya
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berfikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assesment Development in Elementary School Mathematics.Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 536, 288-292. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.046
Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31-38.
Syakir Muharrar & Sri Verayanti R, Kolase Montaze Mozaik Sederhana, Jakarta: Erlangga, 2013
Trianto. 2012. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wihardjaka, Anicetus, Balai Penelitian, and Lingkungan Pertanian, ‘ArtikeL’,2018
Wiyono & Nursyahid, Obey Angga. 2013. Rahasia Mendidik Anak Cerdas. Jakata: Tugu Publisher. 235
, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.