KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH SSST UPS KARYA BODE RISWANDI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH

Authors

  • Aulia Gita Ayuningtyas Universitas Siliwangi
  • Milla Amellia Universitas Siliwangi
  • Yulia Awalliyah Universitas Siliwangi
  • Fitri Nurrochmah Universitas Siliwangi
  • Elfara Zahra Pramono Universitas Siliwangi
  • Adita Widara Putra Universitas Siliwangi

Keywords:

Drama, Kajian Sosiologi, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini berisi tentang kritik sosial dalam naskah drama Ssst Ups karya Bode Riswandi melalui kajian sosiologi sastra dan pemanfaatannya sebagi bahan ajar sastra di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriftif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, catat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah naskah drama Ssst Ups ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan sastra di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa naskah drama Ssst Ups dapat dijadikan sebagaibahan ajar di SMA karena berisi nilai moral yang dapat dapat diambil sebagai pelajaran untuk remaja atau generasi muda. Pemanfaatan naskah drama Ssst Ups karya Bode Riswandi sebagai bahan ajar ini, dapat mengembangkan keterampilan bahasa, keterampilan sosial, serta kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Pemanfaatan naskah drama ini dapat berupa pementasan drama, atau mengaitkan isu dalam naskah dengan mata pembelajaaran lain seperti mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraa, ataupun Ilmu Pengetahuan Sosial.

References

A. Teeuw. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Pustaka Jaya.

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajara Sebagai Bagian daam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa. Salaka, 2(1), 62–65.

Damono, S. D. (2006). Pengarang, karya sastra dan pembaca. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Handani, H. A. T., & J.P., H. (2015). University Research Colloquium 2015 ISSN 2407-9189. University Research Colloquium, 4, 193–206.

Logita, E. (2019). Analisis Sosiologi Sastra Drama “Opera Kecoa” Karya Noerbertus Riantiarno. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 47–68. https://doi.org/10.31943/bi.v4i1.10

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Nasution, W. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Jurnal Metamorfosa, IV(1), 14–27.

Ratna, N. K. (2011). Pradigma Sosiologi Sastra. Pustaka Belajar.

Setiawan, J., Fathurohman, I., & Hidayati, N. A. (2020). NILAI MORAL DAN KONFLIK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA “KOCAK-KACIK” KARYA ARIFIN C NOER: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA Johan. 5(1), 1–11.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Suhandi, R., Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2018). Kajian Sosiologi Sastra Pada Cerpen-Cerpen Karya Eka Kurniawan. Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0, 2(7), 317–322.

Wallek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan (Cetakan ke). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Aulia Gita Ayuningtyas, Milla Amellia, Yulia Awalliyah, Fitri Nurrochmah, Elfara Zahra Pramono, & Adita Widara Putra. (2024). KRITIK SOSIAL DALAM NASKAH SSST UPS KARYA BODE RISWANDI: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SEKOLAH. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 653–662. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/341

Issue

Section

ARTICLES