PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI KARTUN DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PABATTA UMMI

Authors

  • Andriani Sahari Putri Universitas Islam Makassar
  • Hakim Naba Universitas Islam Makassar
  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar

Keywords:

Media Animasi Kartun, Kemampuaan Motorik Halus Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan perkembangan kemampuan motorik halus anak, untuk mengetahui Bagaimana Penggunaan Vidio Animasi Kartun dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak usia 5-6 tahun di TK Pabhatta Ummi, dan mendeskripsikan peran guru atas perkembangan kemampuan motorik halus Anak serta mengetahui cara menstimulasi anak didiknya terhadap pembelajaran di sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara objektif. Dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pabatta Ummi Makassar yang terdiri dari 15 orang anak. Penelitian ini Menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan pada anak dan guru, wawancara kepada guru dan dokumentasi. Hasil penelitian, berdasarkan hasil observasi bahwa kemampuan motoric halus anak melalui penggunaan video animasi kartun yaitu meliputi semua indikator (menggambar sesuai agagasan, meniru bentuk, melakukan eksplorasi sesuai dengan berbagai media dan kegiatan menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar) tercapaian perkembangan kemampuan motorik halus anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH)

References

Alfatiha Ainaya,” Pola asuh demokratis dalam menerapkan kedisiplinan diri anak kelompok B TK Islam Rahmatullah.” UIM Makassar 2022

Dwi Nomi Pura dan Asnawati, “Perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kolase media serutan pensil”. Jurnal ilmiah POTENSIA, Nol 4, No 2, Bengkulu 2019

Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.

Winda Cahyani Daulay dan Nurmaniah,” Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia 5 sampai 6 tahun di TK Al Ihsan Medan tahun ajar 2018/2019 “. Jurnal usia dini Vol. 5 No. 2 Desember 2019.

Shofia Maghfiroh dan Dadan Suryana,” Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di pendidikan Anak Usia Dini " Jurnal pendidikan tembusai Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021

Ega Rima Wati, Ragam Media Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)

Nunuk Suryani, dkk, Media Pembelajaran Novatif dan Pengembangan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018).

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2014)

Taruna Iswara dan Rosneli, Pengembangan media pemmbelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran instalai penerangan listrik, jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan.

Teni Nurita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Misykat, Vol. 03, No. 01, Juni 2018.

Mulyadi, Classroom Management Mengwujudkan Suasana Kelas Yang Menyenangkan Bagi Siswa (Malang: UIN Malang Press, 2009).

Teni Nurita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Misykat, Vol. 03, No. 01, Juni 2018.

Muhammad Ridwan Apriansyah Dkk, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan”, Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Vol. 9, No. 1, 2020.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011)

Sri Rahayu, Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Yogyakarta: Kalimedia, 2017)

Choirun Nisak Aulia, Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini, (Sidoarjo: UMSIDA PRESS 2017)

Yuliana Nurani, konsep dasar pendidikan anak usia dini (Jakarta: PT index, 2013)

Viliani, Rosi P. 2015. Peningkatan Keterampilan Motorik HalusMelalui Kegiatan Menjahit. Jurnal Universitas Sebelas Maret

Sujiono, Bambang. 2015. Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Penny Upton, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: PT Gelora Aksara Utama, 2012)

Christina Hari Soetjiningsih. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada. Hal 187

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media

Syafril, S., Susanti, R., Fiah, R. El, Yaumas, E., Rahayu, T., Ishak, N. M., … Yaumas, N. E. (2018). Four Ways of Fine Motor Skills Development in Early Childhoo

Elin Septiawan Putri, “Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TK Satu Atap Pondok Kubang Bengkulu Tengah”, (Skripsi, UNIFAS Bengkulu, 2022),

Fitri Ayu Fatmawati, Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, (Gresik: Caremedia Comunication 2020)

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi

Fitri Ayu Fatmawati, Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, (Gresik: Caremedia Comunication 2020)

Kadek Hengki Primayana, ”meningkatkan kemampuan motorik halus berbantuan media kolase anak usia din”, Purwadita Jurnal agama dan budaya, vol. 4, no. 1, maret 2020,

Khadijah dan Nurul Amelia, Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Jakarta: KENCANA, 2020),

Bambang waristama, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasi, Jakarta:2008

Khadijah dan Nurul Amelia, Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Jakarta: KENCANA, 2020)

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R DAN D, (Bandung: Alfabeta, 2015)

Asdiana Ulfa, Pekembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Berbagai Kegiatan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Drussalam Banda Aceh 2012

Miftahul Jannah,Pengaruh media film animasi little angel terhadap perkembangan kemandirian fisik anak usia dini 4 sampai 5 tahun di PAUD Masyithah tapi Selo, UIN Mahfud Yunus 2022

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Andriani Sahari Putri, Hakim Naba, & Riskal Fitri. (2024). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI KARTUN DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PABATTA UMMI . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 687–697. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/343

Issue

Section

ARTICLES