MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA 5 TAHUN MELALUI BERMAIN PERAN DI TK / RA PRATIWI MAKASSAR
Keywords:
Kepercayan Diri Pada Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkat kepercayaan diri pada anak usia dini melalui Metode bermain peran .Di Tk/RA Pratiwi kota Makassar di mana anak dapat melakukan l kegitan bermain peran dengan kegitan berdagang ( sayur-sayuran), antara kelompok A dan B di mana anak di perangkan sebagai penjual dan pembeli.Jenis penelitian yang di gunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengunakan produser (1). Permaslah (2) Perencanan (3) pelaksanan, (4). Pengamatan , dan (Refleksi).Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa nilai kepercayan diri anak ulsia 5 tahuln TK / RA Pratiwi Makassar mengalami peningkatan Kepercyan diri dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian, setelah diterapkan kegiatan pembelajaran melaluli metode bermain peran yang dilakukan secara berulang-ulang pada siklus I dan siklus II sehinga hasilnya dapat meningkat Kepercyan diri pada anak usia 5 tahun tersebut anak mampu mengatahui kepercayan dirinya melalui metode bermain peran, dengan rasa tangung jawab yang tinggi, dan mencoba hal baru. Selain itu, guru juga dapat mengetahui Kepercyan diri pada anak usia 5 tahun melalui bermain peran yaitu ,menetapkan tujuan dan judul peran, menetapkan bentuk bermain peran yang dipilih, menetapkan alat dan bahan yang diperluhkan dalam kegitan bermain peran, melaksanakan pembukaan mengajukan pertanyaan tentang isi bermain peran dan menetapkan rancangan penilaian kegiatan bermain peran sehingga anak mengalami peningkatan.
References
Anil Dwil, Rosyilda. Elndang ,Upilk Ellok. Nurul Kusuma Nurmala. 2021. “Profill
Kelmampuan Computatilonal Thilnkilng Anak Usila 5-6 Tahun”. Jawa Telnga Kumala, Rosyildah Anil Dwil.
Elka Damayantil 2020. “Meltodel Belrmailn Pelran Dalam Pelrkelmbangan Moral Anak”. Makassar jurnal. Damayantil, Elka. NANAKEl ilndonelsila Journal of Elarty Chilldhood Elducatilon.
Sundaril. 2012. “Pelnilngkatan Rasa Pelrcaya Dilril Mellaluil Belrmailn Pelran Pada Anak Kellompok B Dil TK Pelrtilwil 03 Tambak”. Surakarta. Sundaril. Kilndelrgarteln: 2022 el- 2830-3428 Pelndildilkan Anak Usila Dilnil Ilndonelsila.
Nur Azmy Gilntilng , dkk, “ Hubungan Kelcelrdasan Ilntelrpelsonal delngan kelpelrcyaan Dilril Anak Usila 5-6 Tahun “,Jurnal Obselsil: Jurnal Pelndildilkan Anak Usila Dilnil.
Asmanil 2009. “Hubungan Belroilkilr Posiltilf Delngan Kelpatuhan Kelpada Aturan (Studil Pada Santril dil Pondok Pelsantelr Putril Al-Amanah)” Jombang. Asmanil.
Stratelgil Melngelmbangkan Rasa Pelrcaya Dilril Pada Anak Usila Dilnil. Rilfqil Humailda dkk.
Muzdalilfah M. Rahman. Pelran orang dalam melmbnagun kelpelrcyaan dilril pada anak usila dilnil.
Nilsak Choilrun. 2014 ”Pelngaruh Belrmailn Pelran Telrhadap Pelnilngkatan Kelmampuan Sosilal Anak Usila Dilnil” Sudoarjo. Aulila, Choilrun Nilsak.
Anayantil Rahmawatil 2014. “Meltodel Belrmailn Pelran dan Alat Pelrmailnan Eldukatilf untuk Melnilngkatkan Elmpatil Anak Usila Dilnil” Sukoharjo. Rahmawatil, Anayantil.
Pamella A. Coughliln 2010. “Melncilptakan Kellas Yang Belrpusat Pada Anak Usila
Dilnil” Chilldreln’s Relsourcels Ilntelrnatilonal.
Sutam Tomil 2009. “Pelngaruh Pellatilhan Belrpilkilr Posiltilf Telrhadap Pelnurunan Tilngkat Strels Pada Mahasilswa Yang Belkelrja”. Jakarta. Tomil, Sutam.
Tanzelh, Ahmad, 2009 “pelngantar meltodel pelnelliltilan” Yogyakarta. Ahmad, Tanzelh.