STRATEGI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN PERGURUAN TINGGI MADANI YOGYAKARTA

Authors

  • Muhammad Thaariq Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Riki Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
  • Muhammad Ibnu Wahyudin Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Sarana dan Prasarana, Pembelajaran

Abstract

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan, sekolah berkualitas tinggi menawarkan pendidikan berkualitas tinggi bersama dengan berbagai fasilitas yang mendukung pembelajaran. Sarana pendidikan mencakup semua fasilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan, baik yang bergerak maupun tidak bergerak. Selain itu, fasilitas sekolah seperti bangunan, lapangan, dan halaman sekolah membantu proses pembelajaran. Meskipun sekolah menghadapi masalah seperti anggaran terbatas dan manajemen inventaris yang kompleks, pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang profesional sangat penting untuk keberhasilan dan efisiensi sekolah. Dengan manajemen pendidikan yang tepat, fokus utama adalah meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Abudin, N. (2011). Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ambar, S. (2007). A, Wahyu. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Bafadhal, I. (2014). Manajeman Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 249-276.

Fikri, R., & Syahrani, S. (2022). Strategi pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran di pondok pesantren rasyidiyah khalidiyah (Rakha) amuntai. Educational journal: General and Specific Research, 2(1), 79-88.

Khalik, A. S. (2022). PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 NGGULANGGULA KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN.

Kompri, M. S. T. (2014). Praktek. Bandung, CV Alfabeta.

Minarti, S. (2011). Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 24.

Mufarokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Teras.

Oktavianti, I. Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTs Darul Muttaqien Parung-Bogor (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rusdiana, A. (2015). Pengelolaan pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Muhammad Thaariq, Riki Pratama, & Muhammad Ibnu Wahyudin. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN PERGURUAN TINGGI MADANI YOGYAKARTA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 720–728. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/346

Issue

Section

ARTICLES