IMPLEMENTASI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA NASYIATUL ULUM II
Keywords:
Metode Pemberian Tugas, KemandirianAbstract
Kemandirian merupakan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas kegiatan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan kemampuannya, serta dapat bertanggungjawab atas semua hal yang dilakukannya. Metode pemberian tugas adalah suatu metode yang memberikan kesempatan pada anak berdasarkan intruksi langsung dari guru yang mempersiapkan anak untuk mendapatkan pengalaman nyata dan dilaksanakan dari awal sampai akhir serta dapat dipertanggungjawabkan kepada guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pemberian tugas dalam mengembangkan kemandirian anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 2 orang guru dan peserta didik di RA Nasyiatul Ulum II. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa implementasi metode pemberian tugas sangat efektif dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini karena metode pemberian tugas memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi keahlian mereka dan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.
References
Chaplin. (1996). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Fadlillah, Muhammad, & Lilif M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. hlm. 195.
H. Muzayyin A. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Buna Aksara. hlm. 97.
Kartono, K. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3 (1).
Mamonto, C. (2020). Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Buah di TK Lestari. Ejurnal Mapalus Unima, 2 (3).
Maryati, O., Abas, Y., & Dian, M. (2016). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (9).
Michela kennedy. (2004). Melatih Anak Agar Mandiri. Terj. Ariavita Purnamasari.Bandung: Erlangga. hlm. 6.
Moeslichatoen, R. (2014). Metode pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Rineka.
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkirotun. (2010). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Parker, Deborah. (2006). Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Poerwadarminta, W.J.S. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. hlm.767.
Selfi J. Nento. (2013). Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Bermain Balok Di Kelompok Bermain Melati Desa Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Universitas Negeri Gorontalo.
Shofiatul Arsy. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pemberian Tugas Di Naafi’ah Jakarta Baru Kotabumi. UIN Raden Intan Lampung.
Siti Partini S. (2003). Metode Pengembangan Daya Pikir Dan Daya Cipta Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Yogyakarta. hlm. 86.
Sujiono, Y. (2004). Metode Pengembangan Koginitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto, Aseo Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Erlangga Grup.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syaiful, B., Djamarah, & Aswan Z. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Taylor, Steven, J., Bogdan, Robert; Devault, marjorie. (2015). Introduction To Qualitative Research Methods: A Guidebook And Resource. John Wiley & Sons.
Yuyun, N., Fadilah., & Sri Lestari. (2014).Peningkatan Kemandirian Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Amaliyah Sekadau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (12).