PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD KRISTEN BEBAR TIMUR

Authors

  • Sefanya Sairiltiata Universitas Pattimura

Keywords:

Hasil Belajar Siswa

Abstract

Hasil penelitian ini menggunakan dua siklus dimana siklus pertama menguji perstasi siswa melalui tes pada akhir materi, namun ketika hasil tes siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) maka akan dilanjutkan pada siklus dua. sebelum menlanjutkan pada siklus dua, peneliti menerapkan model pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang sudah disiapkan untuk melakukan proses belajar mengajar di kelas. Setelah proses belejar mengajar maka akan diuji lagi siswa melui tes akhir. Pada penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siklus dua maka hasil siswa itu akan tergambar berhasil atau tidak. Dalam tes akhir siklus dua ini peneliti menemukan ada penigkatan hasil siswa yaitu memenuhi Kriteria Ketuntasan minimal (KKM). Dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus dua telah memenuhi Kriteria Ketuntasan minimal (KKM maka peniliti tidak lagi melanjutkan pada siklus selanjutnya dan siswa dinyatakan berhasil dalam proses belajar mengajar dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)

References

Ahmad Susanto.2013.Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Agus Suprijono,2015 Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM (Yogyakarta:pustaka Belajar

Asih. 2007 . (online), http://www.sarjanaku.com/2013/04/pengertian - Metode Pembelajaran -macam.html,diakses 12 april Damyati, Mujianto (2013) Belajar dan PembelajaranJakarta.Rineka Cipta

Ambo Saka . (2008). Ilmu Pendidikan Dasar Pendidikan Lintas Bidang .Jakarta : Ganeca

Arends. 2009, dalam Suprijono Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Belajar

Arikunto, Suharsimi dkk (2009). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta : Aditya media Dimyati dan Mudjono .2006. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta : PT Rineke Cipta Exact .Asri Budiningsih. (2005) . Belajar dan Pembelajaran : PT Rineka Emsir Metode penelitian pendidikan kuantitatif (2017) Penerbit PT Raja Grafindo Persad

Endang P & Nur Widodo. (2000). Perkembangan Peserta Didik. Malang : Universitas Negeri Malang .

Fathurrohman, P dan Sobry sutikno . 2007. Strategi belajar mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami . Bandung : PT Refika Aditama

Hamalik, Oemar (2004). Proses Belajar Mengajar . Jakarta : PT Bumi aksara

Farida , Rahman, Hasni (2016). Pengunaan Model Problem Based Learning Pada Subtema Hebatnya Cita-Citaku Untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Prestasi Belajar Siswa, Bandung: Universitas

Haryanto, Suryono (2011) Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayati, Mujinem, & Anwar Senen. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Sefanya Sairiltiata. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD KRISTEN BEBAR TIMUR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 729–750. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/349

Issue

Section

ARTICLES