PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV SDI ENDE 14
Keywords:
Permaianan Kartu Bergambar, Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPASAbstract
Aktivitas belajar Siswa kelas IV SD Inpres ende 14 masih rendah. Proses pembelajaran membosankan. Guru kurang inovatif dan kreatif dalam mengembangkan kegiatan belajar yang menyenangkan. Guru hanya lebih banyak menggunakan moteode ceramah dan diskusi jadi pembelajaran terkesan sangat Monoton. Oleh karea itu Dalam kegiatan pembelajaran penggunaan media memiliki peran yang cukup penting, karena dalam kegiatan pembelajaran ketidakjelasan bahan atau materi yang disampaikan dapat menggunakan media sebagai perantara. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah agar dapat menngkatkan aktivitas pembelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD Inpres Ende 14. Jenis penelitian yang digunakana adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjeknya adalah peserta didik kelas 4 SDK Ende 14. Metode yang digunakan adalah obsevasi , pengamatan, dan catatan lapangan, pengguaan permainan artu bergambar diharapkan dapat mengembangkankegiatan pembelajaran yang menyenangkan.
References
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru tentang IPAS pada Kurikulum Merdeka. Jpgsd, 11(9), 1841–1854.
Ismandari, L. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/issue/view/855
Meha, N., & Hengelina. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 21–26.
Melisya, M. P., Murjainah, M., & Praseihammi, M. (2023). Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p1-8
Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sdn 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7628
Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759