PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDI ENDE 15
Keywords:
Model PBL, Aktivitas, IPSAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa kelas IV SDI ENDE 15 pada mata pelajaran IPS termasuk rendah sehingga memerlukan perbaikan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDI ENDE 15 pada mata pelajaran IPS.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS melalui penerapan model problem based learning, siswa kelas IV SDI ENDE 15. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDI ENDE 15 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis membandingkan persentase aktivitas belajar terhadap indicator kinerja dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model problem based learning, aktivitas belajar siswa pada siklus I berada dalam kategori cukup aktif dan meningkat ke sangat aktif pada siklus II. Dengan demikian, model problem based learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 4 SDI ENDE 15.
References
Fuad, Ihsan. 2008. Dasa-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11
N, A., & Ratnasary, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist MAN 01 Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1-16.
Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105-2113 https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759
Shoimin, A. 2016. 68 Nodel Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siswantara, I. G. A., Manuaba, I. B. S., & Meter, I.G. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Kesiman. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://ejournal. undiksha.ac.id./index.php/JJPGSD/article/view/925
Suwarno, Wiji. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
http://habiebiemustofa.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-pendidikan-dan-ilmu.html
Talitha, R.I. dan Tiara C. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Cijati. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 231-241.
WIDYASWATI, R., AMELIA, M. A., & SARWI, M. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sdn 2 Mantingan. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 181–188. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.12
Wulandari , Dwi. (2017). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS KELAS II SD NEGERI II KEMLOKO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH. JURNAL TAMAN CENDEKIA, 1(2), 113-120