PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SDI ENDE 14 MATAPELAJARAN IPA
Keywords:
Penerapan, Media Gambar, Meningkatkan, Hasil Belajar, Mata pelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Inpres Ende 14. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDI ENDE 14. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi yang sudah dilakukan selama 1 bulan pada sekolah yang bersangkutan. Penelitian dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian dari jurnal-jurnal yang relevan dan sessuai dengan kriteria. Jurnal yang didapat dan sesuai kriteria ada 6 jurnal. Dari hasil analisis, dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDI ENDE 14 dalam matapelajaran IPA materi pancaindra yang awalnya pada siklus 1 terdapat 75% peserta didik yang belum tuntas atau 25% pesrta didik yang tuntas menjadi 5%peserta didik yang tidak tuntas atau 95% pesrta didik yang tuntas.
References
Mulyani, W. (2013). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPA No Titleענף הקיווי: תמונת מצב. עלון הנוטע, 66(1997), 37–39.
Susiani, R. (2014). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Diri Sendiri… PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DIRI SENDIRI SISWA KELAS I SDN BARON 5 KAB. NGANJUK. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12214
סאראמאגו). (1995). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, No Title על העיוורון. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607
Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759