PENGGUNAAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SDI ENDE 15

Authors

  • Yuliana Sepe Wangge Universitas Flores
  • Marta Herlina Boleng Leyn Universitas Flores

Keywords:

Bahasa Inggris, Flash Cards, Kosakata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris melalui penerapan media Flash Card di SDI Ende 15. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 yang berjumlah 17 orang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media flash card hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris sebesar 64,70% pada siklus I dan pada siklus II hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris meningkat sebesar 100%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang aktif dan meningkat menjadi kategori sangat aktif pada siklus II. Melalui data hasil belajar siswa tersebut menunjukan bahwa flash card dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggis pada peserta didik.

References

Agung, I. G. A. M., Wirya, K. A. S. S., Wijayanti, K. K. D., Dewi, P. D. N., Oni, D. P. M. Van, & Handayani, K. A. P. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris dengan Media Pembelajaran Flashcard di SD Negeri 20 Dangin Puri. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 593–600. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2567

Empit, H. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167–182. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Imaniah, D. Y., & Sinarman Jaya. (2022). Metode Flash Card Meningkatan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Murid Kelas V Sd Muhammadiyah I Kelurahan Kebun Roos. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 312–317. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3719

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Mariana Hesti, R., & Nuryanti, L. (2022). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 14(1), 69–80. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol14.iss1.art7

Oktavia Triami Putri. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Media Flashcard Di SD Negeri Surokarsan 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 355–365.

Puspita Dewi Ruslan RH, A., Samad, F., & Samad, R. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 47–60. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.4277

Sariyyah, N. (2021). Media Tenun Ikat Ende-Lio Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2105–2113. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/759

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Wangge, Y. S., & Boleng Leyn, M. H. (2024). PENGGUNAAN FLASH CARDS UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SDI ENDE 15. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(3), 778–785. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/354