PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS WEBSITE WIZER.ME MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SD
Keywords:
E-LKPD, Website Wizer.me, Perubahan Wujud Benda, Research and DevelopmentAbstract
Penelitian tertulis menurut permasalahan kurangnya pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik interaktif oleh guru. Dengan begitu, peserta didik kurang antuisas pada proses kegiatan pembelajaran terutama dalam materi perubahan wujud benda pada penelitian tertulis tujuannya yakni menghasilkan E-LKPD berbasis website Wizer.me untuk peserta didik terhadap proses pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian tertulis yakni penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (“Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation”). Metode pengumpulan data dengan wawancara, dan angket validitas media, materi, dan bahasa E-LKPD, serta lembar praktilitas dengan angket respon guru dan peserta didik. Namun pada pengembangan tertulis hanya dilaksanakan sampai pada tahap development saja sebab keterbatasan waktu. Menurut dari hasil penelitian, didapatkan kevalidan E-LKPD pada validasi ahli materi serta validasi ahli media memenuhi kategori “Sangat Valid”, pada validasi bahasa memenuhi kategori ”Valid”. Kepraktisan E-LKD menurut dari angket respon guru serta peserta didik memenuhi kategori “Sangat Praktis”.Menurut perolehan data tersebut, maka kesimpulan E-LKPD berbasis website Wizer.me sangat layak dan sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran.
References
Aziz, F. (2020). PENGEMBANGAN CERPEN TEMATIKTEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWANMENGGUNAKAN APLIKASI POWTOONBERBASIS VIDEO.
Azizah Dwi Ardhani, Mohammad Liwa Ilhamdi*, S. I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SD. 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966
Handoko, A. D., & Prasetyo, P. W. (2022). Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas IV a ( Semester 1 Sd Negeri. 1(1), 219–233.
K.A. Nalasari, N.K. Suarni, & I.M.C. Wibawa. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web GoogK.A. Nalasari, N.K. Suarni, & I.M.C. Wibawa. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146.
Kaliappen, N., Ismail, W. N. A., Ghani, A. B. A., & Sulisworo, D. (2021). Wizer.Me and socrative as innovative teaching method tools: Integrating tpack and social learning theory. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 1028–1037. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I3.21744
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Safitri, O. N., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.
Suni Amtonis, J. (2022). E-Lkpd Dan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Koulutus, 5(1), 71–80. https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i1.786
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154