PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VII-A SMP NASIONAL MAKASSAR
Keywords:
Kemampuan Berbicara, Video Dokumenter, Karakter NasionalismeAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan berbicara menggunakan video dokumenter untuk menumbuhkan karakter nasionalisme siswa kelas VII-A SMP Nasional Makassar. Jenis penelitian ini penelitian tindak kelas (PTK) dilaksanakan dengan dua siklus: siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui teknik non tes. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-A SMP Nasional Makassar berjumlah 30 orang, 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara menggunakan video dokumenter mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I 32,42% meningkat menjadi 73,26% pada siklus II. Perubahan aktivitas dan sikap siswa menggunakan video dokumenter mengalami peningkatan siklus I yakni 90% menjadi 100% siklus II, siswa memperhatikan guru/peneliti siklus I sebesar 80% meningkat menjadi 100%, siswa aktif bertanya siklus I sebesar 36,66% pada siklus II meningkat menjadi 90%, siswa tidak gaduh saat pembelajaran berlangsung pada siklus I 33,33% meningkat menjadi 76,66% pada siklus II, siswa tenang mengerjakan tugas siklus I yakni 36,66% mengalami peningkatan menjadi 76,66% pada siklus II.
References
Abdul Manan. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia dalam Menyampaikan Pidato Persuasif Melalui Teknik Modeling di Kelas IX A SMP Negeri 2. Waigete. : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. Vol. 02 No. 03 2020. Hal. 126
Ahmad Azhari, dkk. Pengaruh Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia. Vol. 1. No. 1. 2021. Hal. 7
Alansyar Nur Rahman, dkk. Pelaksanaan Kurikulum K13 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Ahmad Yani 2 Baureno. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. Vol 3. No 1. 2023. Hal. 536-537
Amirah Zahra Muthi, dkk. Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI). Vol .1 No.4. 2023. Hal. 108
Asrian, dkk. Peningkatan Karakter Gotong Royong Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Pembelajaran IPAS SD. JANACITTA : Journal Of Primary And Children’s Education. Vol 6 No.2. 2023 Hal. 126-127
Dinie Anggraeni Dewi, dkk. Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu. Vol. 5 No. 6. 2021. Hal. 5250
Muhammad Hasan, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Penerbitan Tahta Media Group. Klaten.
Dwi Retno Anggraeny, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Film Dokumenter Semesta Keberagaman Budaya Indonesia di Era Digital. Vol. 1. 2021. Hal. 48
Erniati. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Video Dokumenter Kelas VII SMP Negeri 25 Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol. 3. No. 2. 2022. Hal. 668-66
Erwin Harianto. Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika, Vol. 9, No.4, 2020. Hal. 413
Fira Ayu Dwiputri, Dinie Anggraeni. Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5 No. 1. 2021. Hal. 1268
Heri Kurnia, dkk. Gotong Royong Sebagai Sarana dalam Mempererat Solidaritas Masyarakat Dusun Kalangan Ejoin : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 1 No. 4. 2023 Hal. 279
Imas Kurniawaty, dkk. Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.10. No.. 2022. Hal. 497
Ina Magdalena. dkk. Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Mi. Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. Vol. 3, No. 2. 2021. Hal 387.
Intan Nurul Fajri, dkk. Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda. Journal Of Community Service And Engagement (J OCOSAE). Vol. 2 No. 4. 2022. Hal. 3-4
Isna Nadifah Nur Fauziah, dkk. Membangun Semangat Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJOIS: Indonesian Journal Of Islamic Studies Vol.2, No.02, 2021 Hal. 95-96
Kuncoro Adi Saputro, dkk. Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No. 5. 2021. Hal. 3
Laili Nur Hidayatul Latifah, dkk. Analisis Sikap Gotong Royong Peserta Didik Kelas II SDN Sambirejo 02 Semarang. Jurnal Edukasi. Vol. 9 No.1. 2023. Hal. 5-7
Nadya Anjelina, Wini Tarmini. Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu. Vol. 6 No. 4. 2022. Hal.7328
Nurul Annisa Anwar , dkk. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Film Dokumenter Pada Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa . Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa. Vol.1, No.3,2023. Hal. 35-36