PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGRI 2 ENDE
Keywords:
Hasil Belajar, Model JigsawAbstract
Tujuan dari penelitian tersebut ialah untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII melalui penerapan model jigsaw dalam pembelajaran IPA di SMPN 2 Ende. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Ende yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA pada konsep unsur,senyawa dan campuran dengan menggunakan model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Ende tahun pelajaran 2023/2024. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesa 77,81% pada kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 87,65%. Ketuntasan belajar siswa ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, sehingga penelitian ini telah berhasil. Jadi model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMPN 2 Ende tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar pada materi unsur,senyawa dan campuran. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar Ipa pada konsep unsur,senyawa dan campuran.
References
Tandi, Y., Gugule, S., & Anom, I. D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Di SMA Negeri 1 Tondano. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, 2(2), 41-46.
Utami, N. R. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Praktikum Klasifikasi Alga.
Silaban, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Larutan Penyangga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas XI MIPA 6 SMAN 2 Sibolga. Jurnal Edu Talenta, 2(1), 19-30.
Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 36-45.
Fitri, Z. N., Anwar, Y. A. S., & Purwoko, A. A. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA. Chemistry Education Practice, 4(1), 90-97.
Agustin, R. R., & Budiningarti, H. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Kegiatan Praktikum di Laboraorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Pada Materi Gerak Kelas VII di SMA Negeri 2 Menganti. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 234-245.
Alilyaman, W., Rasul, A., & Subhanudin, S. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Timika. CERDAS-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-6.
Suparta, I. G., Wesnawa, I. G. A., & Sriartha, I. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 12-22.
Amargawati, D. A. (2017). Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Karangploso. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 13-30.
SP, N. P. S., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 258-269.
Herawati, L., & Irwandi, I. (2019, October). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).