PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEJA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 104245 TUMPATAN
Keywords:
Video Powtoon, Pengukuranku, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengeja Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN 104245 Tumpatan. Untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengeja Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN 104245 Tumpatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4D yang teridiri dari 4 tahap, yaitu: Definisi (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Hasil validasi media menunjukkan bahwa rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap ahli media didapatkan persentase sebesar 98%. Persentase ini termasuk kriteria sangat valid (sangat layak). Hasil validasi materi menunjukkan bahwa rata-rata penilaian secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 96%. Persentase ini termasuk kriteria valid (layak) untuk digunakan sebagai Bahan ajar dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas I SD untuk meningkatkan kemampuan mengeja permulaan.
References
Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137-142. Jurnal Madaniya (ISSN 2721-4834) Https://Doi.Org/10.53696/27214834.66
Anshori, S. (2016). Strategi Pembelajaran Di Era Digital (Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Digital). Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru, 194–202.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung:Sarana Tutorisl Nurani Sejati.
Dinda Yarshal. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas IV MIN Medan Tahun 2014/2015. Jurnal TEMATIK. Program Studi Pendidikan Pascasarjana UNIMED Vol.5 No. 1.
Fadlan, M., & Melisa, D (2023). Pengembangan video animasi berbantuan doratoon pada tema makanan sehat di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, (2) hal 901-908.
Fadlan, M., & Nurmadiah, P (2023). Pendidikan Karakter. Medan: Merdeka Kreasi.
Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337
Hasbullah. (2018). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persad.
Hermansyah, agus K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352
Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V4i2.73
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Karo-Karo, Si. R., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Nanda Yulia Fitri & Sukmawarti. 2022. Pengembangan Media Geometri Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Koordinat Untuk Mempermudah Siswa Kelas V. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 No 1. https://irje.org/index.php/irje/article/view/187
Puspita & Nurmairina (2022). Analisis Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101966 Pertangguhan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 01 Nomor 2 2022, pp. 131-138
Ria Alda & Hasanah. 2023. Analisis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita di Kelas V SD Negeri 067092 Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3 No. 9.
Richey, Rita C. Klein. 2007. Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.
Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, Bali 12-14 Januari 2009. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo. (2016). Potensi Kecendrungan cara belajar visual terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat
Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Sukmawarti 1, H. 2. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Matematika Sd. Jurnal Matheducation Nusantara, 10-18.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113