ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 167646 KOTA TEBING TINGGI

Authors

  • Asti Amanda Sari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Kelas V SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 167646 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian  ini dilakukan di kelas V SD Negeri 167646 kota Tebing Tinggi. Partisipan dalam penelitian ini, yaitu guru kelas V dan juga siswa kelas V SD Negeri 167646 Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil observasi diketahui skor aktivitas Guru kelas V dalam menggunakan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran mendapatkan skor kelayakan sebesar 93,8. Sedangkan dari 35 siswa kelas V SD Negeri 167646 Kota Tebing Tinggi terdapat hanya 6 siswa yang nilai pemecahan masalahnya < 75. Sebanyak 3 siswa nilai pemecahan masalahnya sudah berada pada skor 75 dan 26 siswa lainnya sudah berada pada skor >75. Skor rata-rata pemecahan masalah siswa di kelas V, yaitu 82,03. Pada kemampuan berpikir kritis, Dari 35 siswa kelas V SD Negeri 167646 Kota Tebing Tinggi terdapat sebanyak 12 siswa dengan nilai kemampuan berpikir kritis < 70. Sedangkan 23 Siswa lainnya memiliki kemampuan berpikir kritis dengan nilai > 70. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas SD Negeri 167646 Kota Tebing Tinggi, yaitu 74,14 dengan kriteria “Baik”.

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Reflika Aditama.

Citra Gusyanti & Sujarwo. 2021. Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies Volume 2, Nomor 4.

Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/viewFile/2/2

Jenni Sriana & Sujarwo. 2022. Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 8, No. 1, 2022, pp. 39-51.

Karina & Sujarwo. 2023. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Masalah Pada Materi Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) Volume 7 Nomor 2.

Ria Alda & Hasanah. 2023. Analisis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita di Kelas V SD Negeri 067092 Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3 No. 9.

Sani R. A. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS. Tanggerang: Tira Smart.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sukmawarti & Dewi Liliani Batubara. 2019. Analisis Penalaran Dalam Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Tahun Ajaran 2012 /2013. Jurnal Serambi Ilmu, Edisi Maret 2014 Volume 17 Nomor 2. https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu/article/view/565

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.

Sukmawarti & Siti Kayroiyah. Desain Asesmen Alternatif Matematika SD. Prossiding Seminar Hasil Penelitian Vol. 3 No. 1 (2020). https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/611/600

Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.

Sukmawarti, Hidayat & Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1 (Mei 2022) 202-207. https://journal.yp3a.org/index.php/pakmas/article/download/848/445.

Sustiyo Wandi, Tri Nurharsono & Agus Raharjo. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 2 (8).

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Sari, A. A., & Sujarwo, S. (2024). ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 167646 KOTA TEBING TINGGI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(3), 903–916. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/365