PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD TERHADAP KOSAKATA SISWA DI SDN KENITEN 2

Authors

  • Fadilah Nur Kholifaturohmah As Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suhartono Suhartono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diani Nurhajati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Kosakata, Media Kartu Bergambar, Pembelajar Muda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kosakata sangat penting bagi siswa sekolah dasar dalam belajar bahasa Inggris. Para guru dapat memilih berbagai metode dan media pengajaran untuk mengajarkan kosakata kepada siswa, misalnya, menggunakan kartu flash. Ini adalah media pengajaran yang cocok untuk memperkenalkan kosakata bahasa Inggris karena media menarik perhatian anak-anak, sehingga mereka mudah menghafal kata-kata yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh media kartu flash terhadap kosakata siswa. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada siswa kelas lima di SDN Keniten 2. Ada 18 siswa sebagai sampel. Untuk mengukur kosakata siswa, peneliti menggunakan tes, dan untuk menganalisis data ia menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diajarkan menggunakan media kartu flash, skor rata-rata post test lebih tinggi daripada skor pre-test. Dapat disimpulkan bahwa media kartu flash memberikan efek positif bagi siswa untuk memahami kosakata bahasa Inggris. Siswa dapat menghafal kosakata baru dengan mudah dengan melihat media visual. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa guru bahasa Inggris sekolah dasar menggunakan kartu flash sebagai media pengajaran untuk meningkatkan kosakata siswa.

References

Arsyad. (2015). Peranan penggunaan KIT IPA sebagai alat pembelajaran dalam upaya menigkatkan keterampilan peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 1 Belawa Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 241-262.

Brown, H. &. (1995). Vocabulary, semantics, and language education. Cambridge University Press, 40 West 20th Street, New York, NY 10011-4211 (hardback: ISBN-0-521-47409-4; paperback: ISBN-0-521-47942-8).

Fitriningsih, F. (2015). Improving Vocabulary Mastery Using Flashcards To The Sixth Grade Students of SDN Dengok II, Dengok, Playen, Gunungkidul In Academic Year 2014/2015.

Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 187-192.

Hidayati, N. N. (2017). meningkatkan kosakata Bahasa Inggris anak usia dini dengan kartu bergambar. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 1(1), 67-86.

Nugroho, E. W., Rahayu, P., & Kasyulita, E. (2015). Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using Flash Cards at Sixth Graders of SD Negeri 007 Bangun Purba.

Nurhajati, Kencanawati, Susanti, Riwayatiningsih (2023). Guru Bahasa Inggris SD Terlatih.

Samad, P. (2021). Using Flashcards to Improve Students’ Vocabulary Mastery in SD Hafizh Al-Qurbah Parepare.

Sholikhah, M. A. (2013). Improving Student Vocabulary by Using Flashcards in Class V Students of SDN Singajaya II",.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif.

Widiastuti, F. A. (2014). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Flash Cards.

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

As, F. N. K., Suhartono, S., & Nurhajati, D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD TERHADAP KOSAKATA SISWA DI SDN KENITEN 2. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(3), 924–931. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/367