PENERAPAN PENILAIAN SEJAWAT DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS SEPULUH SMK PGRI 4 KEDIRI

Authors

  • Dani Nur Illa Hidiana Fisabil Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dewi Kencanawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rika Riwayatiningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Penilaian Sejawat, Mengajar Berbicara, Berbicara

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa penting dalam komunikasi internasional dan dipelajari di sekolah dan universitas di seluruh dunia. Pentingnya pendidikan Indonesia untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang bahasa lain. Guru bertujuan untuk menggunakan metode yang tepat untuk memberdayakan indera peserta didik dan membangun keterampilan bahasa Inggris yang baik. Baik guru maupun peserta didik mungkin menghadapi kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris, seperti menemukan strategi pembelajaran yang tepat dan menerjemahkan makna bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Penilaian adalah proses sistematis yang mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi untuk menentukan sejauh mana peserta didik dapat mencapai tujuan pendidikannya. Ada tiga jenis penilaian: penilaian diri sendiri, penilaian rekan sejawat, dan penilaian rekan sejawat. Penelitian ini berfokus pada penerapan penilaian teman sejawat dalam keterampilan berbicara di kalangan siswa kelas sepuluh di SMK PGRI 4 Kediri. Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada penggunaan penilaian teman sejawat dalam keterampilan berbicara, dengan fokus pada permasalahan yang ditemukan siswa di kelas. Temuan menunjukkan bahwa siswa terlibat aktif dalam proses Penilaian Sejawat dalam keterampilan berbicara di kelas sepuluh, dan rubrik penilaian yang digunakan memberikan panduan yang jelas. Namun, siswa menghadapi kendala dalam memberikan umpan balik yang konstruktif, seperti kurangnya pemahaman tentang kriteria penilaian, ketidakmampuan memberikan saran khusus untuk perbaikan, rendahnya keterampilan komunikasi, dan bias pribadi. Terlepas dari tantangan-tantangan ini, Peer Assessment memberikan manfaat yang berharga bagi perkembangan siswa, seperti belajar dari teman-teman yang berbahasa Inggris, mendapatkan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan, dan memberikan umpan balik untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

References

Ary, D. (2010). Introduction to Research in Education Eight Edition’. United State: Wadsworth Cengage Learning.

Bakri,Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, Cet. VI, 2005. Creswell, John W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed)

Celce-Murcia, M. 2002. What It Makes Sense To Teach Grammar Through Context And Through Discourse.

Fauziati, Endang. 2010. Teaching English As a Foreign Language. Surakarta: Era

Pustaka Utama

Larsen-Freeman & Long, Michael (1999). An Introduction to Second Language Acquisition Research. Longman, New York.

Nurgiyantoro, Burhan 2011. Teori Pengkajian Fiksi. Jogjakarta: Gajah Mada Universitas Press

Planas Lladó, dkk. (2014). Student perceptions of Peer Assessment: an interdisciplinary study. Assessment and Evaluation in Higher Education, 39(5), 592–610. https://doi.org/10.1080/02602938.2013.860077

Sudharto P. Hadi. 2000. Manusia dan Lingkungan. Semarang: Universitas Diponegoro

Topping, K. (1996). The Effectiveness of Peer Tutoring in Further and Higher Education. A Typology and Review of The Literature. Higher Education. (32), 321-345.

Topping, K. J. (2005). Trends in Peer Learning. Educational Psychology, 25, 631-645.

Topping, K. J. (2009). Peer Assessment. Theory Into Practice, 48(1), 20-27.

White, E. (2009). Student perspectives of peer assessment for learning in a public speaking course. Asian EFL journal - Professional teaching articles, 33, 1– 55.

Yusna Musfirah. (2019). The use of peer assessment in speaking skill Yusna Musfirah 1 Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia. 2004, 67–79

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Fisabil, D. N. I. H., Kencanawati, D., & Riwayatiningsih, R. (2024). PENERAPAN PENILAIAN SEJAWAT DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS SEPULUH SMK PGRI 4 KEDIRI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(3), 932–937. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/368