MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI FABEL DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI PADA PESERTA DIDIK
Keywords:
Prestasi Belajar, Materi Fabel, Metode Pemberian Tugas dan ResitasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada materi fabel dengan menerapkan metode pemberian tugas dan resitasi melalui penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik pada setiap siklus. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata hasil tes akhir, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal yang meningkat dari 53,33% pada siklus I menjadi 80,00% pada siklus II. Selain itu, aktivitas belajar peserta didik juga meningkat, dari 63,1% pada siklus I menjadi 74,91% pada siklus II. Kemampuan guru dalam proses belajar mengajar (PBM) turut mengalami peningkatan, dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Bimbingan dan motivasi yang lebih interaktif kepada peserta didik terbukti mampu meningkatkan semangat dan minat belajar mereka. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah mempertimbangkan penggunaan metode pemberian tugas dan resitasi sebagai alternatif selain metode ceramah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengelompokan siswa dalam kelompok belajar juga sebaiknya divariasikan, menggabungkan siswa dengan kemampuan yang beragam untuk saling mendukung dalam pembelajaran. Lebih lanjut, setiap guru diharapkan dapat melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan mutu pendidikan serta mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dalam pembelajaran. Selain itu, peserta didik juga perlu dilatih untuk berdiskusi dan mengembangkan ide-ide, agar mereka dapat memperluas wawasan dan keterampilan dalam menyampaikan pendapat, yang mendukung peningkatan prestasi belajar mereka secara menyeluruh.
References
Agustina, H. (2018) ‘Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Matematika Melalui Metode Resitasi’, Suara Guru, 4(2), pp. 675–682.
Asrin, A. et al. (2020) ‘Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Inovatif Bagi Guru SMAN 1 Kopang Lombok Tengah’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1). Available at: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.417.
Cintia, N.I., Kristin, F. and Anugraheni, I. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), pp. 67–75. Available at: https://doi.org/10.21009/pip.321.8.
Leony Sanga Lamsari (2019) ‘Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I’, Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), pp. 29–39.
Rahman, A. et al. (2022) ‘Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan’, Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), pp. 1–8.
Sari, M. and Asmendri, A. (2020) ‘Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA’, Natural Science, 6(1), pp. 41–53. Available at: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Sulfemi, W.B. (2019) ‘Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan’, … Pancasila dan Kewarganegaraan [Preprint]. Available at: http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021.
Sulfemi, W.B. and Mayasari, N. (2019) ‘Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips’, Jurnal Pendidikan, 20(1), p. 53. Available at: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019.
Ulva, N.L., Kantun, S. and Widodo, J. (2018) ‘Penerapan E-Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha Dalam Perekonomian Indonesia’, JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), p. 96. Available at: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6453.
Widhiantari, R. (2012) ‘BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR UANG DAN PERBANKAN SMA N 1 KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG Jmlah Siswa Tuntas Tidak Tun- % Ketidak- tas tuntasan’, Economic Education Analysis Journal, 1(1), pp. 1–6.
Yusuf, D.A. (2016) ‘Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH : Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X’, 1(2), pp. 125–134.