ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ERA MODERN
Keywords:
Pendidikan Islam, Khulafaur Rasyidin, Era ModernAbstract
Penelitian ini mengkaji sistem pendidikan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin serta relevansinya terhadap kebutuhan pendidikan di era modern. Masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin yang dipimpin oleh Abu Bakar As-Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib memberikan landasan penting bagi pendidikan Islam, yang mengintegrasikan pembelajaran agama dengan nilai-nilai moral, sosial, dan keilmuan praktis. Penelitian menggunakan metode library research dengan pendekatan historis-kritis untuk menganalisis literatur primer dan sekunder yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam pada masa tersebut bersifat holistik, mengedepankan pembentukan karakter, keteladanan, dan penyebaran ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat. Setiap khalifah memberikan kontribusi unik dalam memajukan pendidikan, seperti pelestarian Al-Qur'an oleh Abu Bakar, penyebaran ilmu ke berbagai wilayah oleh Umar, standarisasi mushaf Al-Qur'an oleh Utsman, dan pengembangan logika serta retorika oleh Ali. Pendidikan ini tidak hanya dilakukan secara formal di masjid dan halaqah, tetapi juga melalui keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi terhadap pendidikan modern meliputi pentingnya pendidikan berbasis karakter, integrasi nilai-nilai agama dengan pengetahuan umum, dan peran aktif keluarga serta komunitas. Pendidikan masa kini dapat belajar dari pendekatan praktis dan humanis pada masa Khulafaur Rasyidin untuk membangun generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga bermoral tinggi dan mampu memberikan kontribusi sosial. Temuan ini diharapkan menjadi landasan dalam mengembangkan sistem pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan era globalisasi.
References
Adib, A. (2021). POLA PENDIDIKAN ISLAM PERIODE KHULAFAUR RASYIDIN. 7(02).
Al Ayyubi, I. I., Fauziah, Z., Arifah, H., Hartati, R. D., & Herdiansyah, R. (2024). Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin Dalam Peradaban Islam. Jazirah: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan, 5(01), 73–92.
Aminah, N. (2015). Pola Pendidikan Islam Periode Khulafaur Rasyidin. 1(1).
Amyus, R. S., & Roza, E. (2019). Relevansi Konsep Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaurrasyidin Dengan Pendidikan Indonesia. Jurnal Almikraj: Studi Islam dan Humaniora, 4(2), 65–70. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5520
Gesha, B. (2022). Pendidikan Islam pada Masa Umar bin Khattab dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer [PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/18405/
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=nana+syaodih+sukmadinata+kualitatif&ots=XwEjh4U4qt&sig=tmkyQorEN-Xj046T69HgJsIzPu8
Jamaluddin, S., & Dewi, P. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Biografi Al-Khulafaurrasyidin dan Penerapannya dalam Pendidikan Orang Dewasa di Indonesia. AL-ATHFAL: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 39–46.
Laili, R., Adona, P., & Haida Rahma, R. (2014). Keteladanan Khulafaurrasyidin dalam Proses Pembentukan Karakter Muslim: Studi Analisis Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah al-Furqan : al-Qur’an, Bahasa, dan Seni, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.69880/alfurqan.v11i1.114
Mardiah, A., Batubara, R. A., Juliani, S. F., & Nasution, A. G. J. (2023). Narasi Mengenai Kisah Teladan Khulafaurrasyidin di Buku SKI MI. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(1), 173–190.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Remaja Rosdakarya.
Muharrom, M. F. (2024). Peradaban Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 9(1), 103–116.
Muthoharoh, M., & Aisyah, S. (2023). Konsep Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rosyidin. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(2), 306–322. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i2.879
Nadiah, E. Q., El-Syam, R. S., & Farida, N. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Moral Kekhalifahan Umar Bin Khattab RA Pada Buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas V Madrasah Ibtida’iyah. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(3), 94–106.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177–181.
Okhtiyanto, R. (2023). Pendidikan Islam Periode Khulafaur Rasyidin.
Pasaribu, J., & Zalnur, M. (2023). Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rasyidin, Serta Peranannya dalam Pengembangan Pendidikan. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(4), 1447–1456.
Putri, A. H. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Pendidikan Pada Era Awal dan Pertengahan Islam. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 23(1), 51–59.
Putri, A. K., Ichsan, Y., Abd Wahab, J., Akhmad, M. C. A., & Hendrawan, B. P. (2023). Dinasti Abbasiyah: Kemajuan Pendidikan Islam Dan Konstekstualisasinya Pada Masa Kini. Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 8(1). https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/twt/article/view/4118
Rachman, U., & Widodo, A. (2023). Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin Dan Kontekstualisasinya Pada Pendidikan Islam Masa Kini. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 250–259.
Rony Sandra Yofa Zebua, Miftahul Ihsan, & Neneng Nurjanah. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam pada Periode Khulafāur Rāsyidīn dan Implikasinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 115–126. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.228
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R Dan D (2 ed.). Alfabeta.
Sulistio, E., Purnomo, A., & Setiabudi, D. I. (2022). Analisis Sejarah Peradaban Islam Masa Khulafaurrasyidin. Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, 1(2), 45–55.
Suryani, I., & Dewi, E. (2024). Menguatkan Arah Pendidikan Islam Era Globalisasi: Menginternalisasi Nilai Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1), 123–139.
Zuhdiah, Z., Yahdi, M., & Rama, B. (2024). Karakteristik Pendidikan Islam Masa Klasik dan Modern. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 35–41.