PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIMELINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRONOLOGIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Afifah Ulya Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Effect, Application, Timeline Method, Chronological Thinking Skills

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pembelajaran dengan menggunkan metode pembelajaran Timeline dan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar peserta didik  kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pesertamdidik kelas VII SMP Negeri 5 Bukitiinggi yang beragama Islam tahun 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII-4 dan kelas kontrol adalah VII-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran timeline berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas control yang menerapkan metode konvensional berada di klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh menggunakan SPSS 23 for windows nilai sig (2-tailed) (0,007 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran timeline terhadap keterampilan berpikir kronologis peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 5 Bukittinggi.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT. Rineka Cipta.

Chomaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi. Pembelajaran Sekolah. PT Grasindo.

Dara, M. C., & Setiawati, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Timeline Terhadap Kemampuan Berpikir Kronologis Pembelajaran Sejarah di SMAN 2 Metro. Historia, 5(1), 57.

Harmonika, S., Sadaruddun, M., & Supiarmo, M. G. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Timeline untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NW Suralaga. At Tadbir, 2(1), 18–19.

Mursidin. (2010). Psikilogi Umum. CV Pustaka Setia.

Mursidin. (2014). Psikolog Umum. CV Pustaka Setia.

Sadiman, & Dkk. (2008). Media Pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Sholeh. (2016). Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Al-Thariqah, 1(2), 117.

Siregar, R. S., Catur, A. N. S., & dkk. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Siregar, R. S., Catur, A. N. S., & Dkk. (2022). Dasar-Dasar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi17. Bumi Aksara.

Slamet. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Subhkan, A., Santoso, M., & Dkk. (2014). Al-Qur’an Terjemahan dan Tajwid. Ziyad Qur’an.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sundari, K., & Rofiah. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Metode Timeline (Garis Waktu) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Al-Wathoniyah Bekasi Timur. Pedagogik, VI(1), 84.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo.

Suyono, & Harianto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Ulya, A., Kustati, M., Gusmirawati, G., & Amelia, R. (2024). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIMELINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRONOLOGIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(4), 982–991. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/375