STRATEGI GURU PAI DALAM MENGAJARKAN MATERI FIKIH YANG BERSIFAT KHILAFIYAH UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Zulhiza Romi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Strategi, Guru PAI, Fikih, Khilafiyah

Abstract

Fikih merupakan hasil pemahaman terhadap dalil syariat yang menghasilkan produk berupa hukum-hukum. Di dalam fikih terkadang terdapat permasalahan perbedaan pendapat ulama dalam suatu perkara atau disebut dengan khilafiyah. Dalam menghadapi khilafiyah masih ditemukan sikap Ta’asub dalam masyarakat. Salah satu penyebab munculnya sikap Ta’asub adalah melalui proses pembelajaran di sekolah. Strategi guru dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah, memiliki pengaruh besar terhadap sikap peserta didik dalam menghadapi perbedaan (Khilafiyah) yang ada di sekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi guru PAI dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi atau cara guru PAI SMP Negeri 1 Gunung Talang dalam mengajarkan materi Fikih yang bersifat khilafiyah diantaranya adalah tidak memunculkan khilafiyah tersebut kecuali ditanyakan atau dimunculkan oleh peserta didik. Menganalisa kembali perbedaan yang ada sebelum diajarkan, menekankan pada akhlak bertoleransi, menggunakan metode diskusi kelompok, memberi kesempatan bertanya dan Menyajikan dengan bahasa yang sederhana.

References

Arpin, M., Tike, A., & Tajibu, K. (2023). Islamic Jurisprudence Study in Religious Life Development in Pasilambena Subdistrict, Selayar Islands Regency (Group Communication Overview). Jurnal Mercusuar, 4(2), 199–209.

Bakry, M. (2014). Pengembangan Karakter Toleran Dalam Problematika Ikhtilaf Mazhab Fikih. Al-Ulum, 14(1), 171–188.

Bedong, M. A. R. (2018). Metodologi Ijtihad Imam Mujtahidin (Corak Pemikiran dan Aliran). Al-’Adl, 11(2), 130–148.

Fauzan, A., Zakiah, A. K., Mumtaza, A., Hakiki, D. R., Alfiyahni, F. S., & Amin, I. (2023). Penetapan Awal Bulan Hijriyah Dan Integrasinya Dengan Perhitungan Matematika. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(1), 107–130.

Firdausiyah, V. (2023). Rukhshah Wudhu’Bagi Jama’ah Haji Indonesia. Asy-Syari’ah: Jurnal Hukum Islam, 9(2), 287–304.

Gultom, A. R. (2021). Strategi Guru Fikih Dalam Mengajarkan Materi Fikih Yang Bersifat Khilafiyah Di MTs Swasta IRA Medan [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan].

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Ifkar, M. (2023). Toleransi Beragama Menurut Maftuh Basyuni [PhD Thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh].

Indonesia, D. A. R. (2005). Al-Quran dan terjemahannya. J-ART, Bandung.

Ismail, I. (2009). Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Umum (Smu)(Problematika Dan Pemecahannya). Edukasia Islamika, 7(1), 69462.

IW, N. M., Fariha, Z., Nuzulanisa, K., & Wulandari, S. A. (2023). Kebhinekaan Dalam Budaya Perspektif Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(2), 130–141.

Klasik, D. M., & Tengah, H. M. (2007). Sejarah pemikiran dan peradaban Islam.

Majid, A. (2004). Dian Andayani dalam Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 4(2), 31–44.

Muhaimin. (2005). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam: Di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi. RajaGrafindo Persada.

Mukhtar, M. Y. (2021). Rekonstruksi Tahapan Pembelajaran Tafsir Al-Qur’ân (Telaah Kitab-kitab Tafsir al-Wajȋz, al-Wasȋth dan al-Munȋr Karya Prof. Dr. Wahbah az-Zuhailȋ).

Nata, A. (2016). Metodologi studi islam.

Nawawi, A. (2020). Fikih Madzhab Syafi’i.

Nur’aini, M. (2021). Studi Komparatif Pendapat Mazhab Hanafi Dan Mazhab Syafi’i Tentang Tawaf Bagi Orang Yang Berhadas [PhD Thesis, IAIN Purwokerto].

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110–1118.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis. Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo.

Ramadhan, R. K., & Maksum, M. N. R. (2024). Dinamika Rukyat Dan Hisab Dalam Penentuan Bulan Hijriah Menurut Muhammadiyah. Nashr al-Islam: Jurnal Kajian Literatur Islam, 6(3).

Ramadhona, S. (2020). Pemikiranfiqih Syekh Abdul Halim Hasan (1901-1969 M) Tentangayat-Ayat Munâkahat Dalam Kitab Tafsir Ahkâm [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau].

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.

Sadari, S., & Desya, M. M. (2021). Konsep Ikhtilaf Dalam Perfektif Imam Syafi’i: Studi Islam Menyoal Perbedaan Sebagai Rahmat. MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, 6(2), 99–116.

Saleh, M. (2016). Eksistensi madzhab dalam hukum islam masa kontemporer. Istinbath: Jurnal Hukum, 13(1), 147–162.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-misbah. Jakarta: lentera hati, 2, 52–54.

Su’dadah, S. (2014). Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto, 2(2), 143–162.

Sukri, M. (2022). Masailul Fiqhiyah Wal Hadisah (Fikih Kontemporer) Jilid 1. CV Jejak (Jejak Publisher).

Susanti, N., & Murniyetti, M. (2021). Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengajarkan Materi Fiqih Bersifat Khilafiyah. An-Nuha, 1(2), 64–70.

Wahidah, Z. (2020). Metodologi Hukum Islam Perspektif Al-Ghazali. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 11(2), 205–220.

Wulandari, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 42 Seluma [PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno].

Yuniarti, I., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 182–207.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Romi, Z., Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati, G. (2024). STRATEGI GURU PAI DALAM MENGAJARKAN MATERI FIKIH YANG BERSIFAT KHILAFIYAH UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(4), 973–981. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/376