ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI
Keywords:
dampak gadget, perkembangan sosial, anak usia diniAbstract
Penggunaan gadget dapat berdampak bagi perkembangan sosial anak. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak dari penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak usia dini. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Metode yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Anak-anak seringkali lupa berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya karena terlalu banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget Dalam hal ini sangat diperlukan pengawasan oleh orang tua untuk memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk meminimalisir sisi negatif dari dampak penggunaan gadget pada anak. Sudah seharusnya anak diarahkan kedalam kegiatan yang memiliki aktivitas dilingkungan agar mudah untuk bersosialisasi. Orang tua harus mampu membatasi waktu penggunaan gadget anak, menerapkan pola asuh yang seimbang, mendorong interaksi sosial, dan menjadi teladan positif.
Kata Kunci: dampak gadget, perkembangan sosial, anak usia dini
References
Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1494.
Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700
Afdalia, A. P., & Gani, I. (2023). Dampak pengaruh gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini. Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam, 10(1), 87–96.
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak gadget terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(09), 837–849.
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86–91.
Devindah, T. O., & Zulkarnaen, Z. (2024). Pengaruh Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 357–365.
Fadhilah, N. C. (2024). Pengaruh Gadget Pada Perilaku Anak Usia Dini di Panton Labu. Sagoe Literasi, 1(2), 80–98.
Isdiyantoro, M. J., & Maftuhah, A. (2023). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini saat Penggunaan Gadget di RA Masyithoh Xv Pangenjurutengah. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(1), 58–68.
Mayar, F. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464.
Monasari, S., & Mashudi, E. A. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kesehatan Mata Dan Postur Tubuh Pada Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 12–21.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 182–186.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58–66.
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64.
Rohmayani, M. A. (2022). Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Cilame Kabupaten Bandung. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 87–91. https://scholar.archive.org/work/4sqsoy4vevgctm6kalmuqauiiy/access/wayback/https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSECTE/article/download/3832/1520
Sari, M. (2019). Dampak Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Studi Kasus Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Desa Panggoi Muara Dua Kota Lhokseumawe). Saree, 1(1), 100–116.
Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1–11.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.