ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL LATIHAN PADA BUKU MATEMATIKA SMK/MAK KELAS X KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Sholihatul Mar’ah Universitas Islam Jember
  • Tri Susilaningtyas Universitas Islam Jember
  • Tri Novita Irawati Universitas Islam Jember

Keywords:

Analisis Soal, Level Kognitif, Taksonomi Bloom

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi pembelajaran untuk mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran. Taksonomi Bloom merupakan suatu tingkatan dalam mengidentifikasikan keterampilan siswa dari jenjang yang dasar sampai yang tertinggi. Tingkatan dalam revisi taksonomi bloom yang dilakukan oleh Kratwohl dan Anderson meliputi mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Berdasarkan uraian di atas diadakan penelitian untuk mengetahui persentase tingkat kognitif soal latihan sesuai indikator yang telah tervalidasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa soal latihan yang ada di Buku Matematika SMK/MAK Kelas X Kurikulum Merdeka. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian serta pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Buku Matematika SMK/MAK Kelas X Semester 1 Kerikulum Merdeka 5 Bab dan 50 soal Latihan pilihan ganda yang diklasifikasi. Dari 50 soal terdpat 10% atau 5 soal tingkat C2-menafsirkan; 12% atau 6 soal tingkat C2-menarik inferensi; 14% atau 7 soal C3-menjalankan; 40% atau 20 soal C3-mengimplementasikan; 2% atau 1 soal C4-membedakan; 2% atau 1 soal C4-mengorganisasikan; 4% atau 2 soal C4-mengkritisi; 6% atau 3 soal C5-memeriksa. Soal tingkatan C3-mengimplementasi mendominasi pada buku ini.

References

Achmadi, A. dan Narbuko, C.2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Askar.

Anderson, L.W (Ed) dan Krathwohl, D.R (Ed.). 2001. A taxonomy for Learning, teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

BNSP. 2006. Standar Isi. Jakarta: Permendiknas No.22 Tahun 2006

Ediyanto, Arif dkk. 2021. Matematika SMK/MAK Kelas X Kurikulum Merdeka. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gunawan, I dan Palupi, A.R. 2012. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Skripsi. Madiun: FKIP IKIP PGRI Madiun.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabila

Moelong, Lexy J. 2004 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Nasrulloh, A.H. 2011 Analisis Tingkat Kognitif Tes Kompetensi Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas IX Berdasarkan Taksonomi Bloom. Tidak dipublikasikan. Skripsi. Jember: FKIP Universitas Jember.

Nailul Umamah, Nida. Analisis Soal Uijan Nasional (UN) Matematika SMK Tahun Ajaran 2011/2012 Berdasarkan Taksonomi Solo. Tidak Diterbitkan. Jember, Universitas Jember.

Nur Fauzi Imanuddin, Try. 2015. Analisis Tingkat Kognitif Soal Apersepsi Pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII kurikulim 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember.

Sudjana, N.1992. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. 2023. https://kbbi.web.id/soal.html. Diakses tanggal 15 April 2023 pukul 07.30

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Bandung: Alfabeta CV.

Yunita Susanti, Nancy. 2015. Anallisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi Pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember

Zakiyyah, Nuralifah. 2022. Teori Taksonomi Bloom: Indikator, Tujuan, dan Contoh Soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nuralifahzakiyyah/637355184addee182a7e94e2/teori-taksonomi-bloom-indikator-tujuan-dan-contoh-soal-ilmu-pengetahuan-alam-ipa-di-sekolah-dasar. Diakses tanggal 15 April 2023 pukul 08.11

Zahara Idris dan Lisma Jamal. 1992. Pengantar Pendidikan 1, Jakarta: Grasindo

.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Mar’ah, S., Susilaningtyas, T., & Irawati, T. N. (2024). ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL LATIHAN PADA BUKU MATEMATIKA SMK/MAK KELAS X KURIKULUM MERDEKA . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(4), 954–960. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/402