PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD INPRES WERWARU
Keywords:
Media Pembelajaran Edukatif, Hasil Belajar Matematika, Aktivitas SiswaAbstract
Media pembelajaran bermanfaat untuk mempermudah penyampaian materi, meningkatkan pemahaman siswa, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran edukatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Inpres Werwaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada semesterganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Werwaru yang terdiri atas 13 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen tes esai yang terdiri atas pre-test dan post-test. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-PostestDesign. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji-t. Sebelum menggunakan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran edukatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Inpres Werwaru. Selain memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, penggunaan media pembelajaran edukatif juga dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika di kelas.
References
Andika, R., Ningsih, N. A., Restiyanti, Maesaroh, S., & Rasilah. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Endidikan Dan Pengajaran, 2(8), 305–311.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 4(6), 1–13. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.
Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 28-35.
Lestari, Wattimury, I., & Sairiltiata, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Edukatif di Sekolah Dasar Inpres Werwaru. Fundamentum: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(4), 58–68.
Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1118–1128.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Rahayu, P., & Supriatna, U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Pijenan. Journal of Nusantara Education, 3(1), 11–21.
Safitri, I. (2024). Dampak Teknologi Digital terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Atas. Technical and Vacational Education International Journal, 4(2), 49–55.
Suciawati, H., Rakiyah, S., Sari, N., & Anjela, A. (2023). PKM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF DI TINGKAT SD OLEH MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS QUALITY. ABDI PARAHITA, 2(1), 172-178.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Alfabeta.
Ummi, A., Dewi, A. S., Rahmawati1, A., & Wahidayani, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 264–272. https://doi.org/10.57176/jn.v3i1.72