PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYONSONG ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Shancy Syahrani P Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Asmaiwaty Arief Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rehani Rehani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Era Society 5.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta apa tantangan yang dihadapi dari penerapan kurikulum merdeka belajar ini pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menyonsong era society 5.0. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa perkembangan zaman pada era society 5.0. banyak membawa perubahan dalam dunia pendidikan, sehingga di dalam proses pembelajaran membutuhkan sebuah inovasi agar keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan. Jenis peneltian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan dengan lancar dan baik hal itu dintunjukkan dengan pembelajaran yang aktif dengan penggunaan metode, serta model pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan perkembangan era pendidikan sekarang serta juga menggunakan teknologi digital dalam menunjang proses pembelajarannya. Namun terdapat beberapa hambatan utama dalam penerapan kurikulum merdeka ini, kurangnya fasilitas serta keterbatasan keterampilan teknologi dikalangan guru dan kesulitan dalam memahami dan menangani kemampuan peserta didik.

References

Aini Qolbiyah, Sonzarni, & Muhammad Aulia Ismail. (2022). Implementation Of The Independent Learning Curriculum At The Driving School. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 01–06. Https://Doi.Org/10.31004/Jpion.V1i1.1

Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293. Https://Doi.Org/10.32529/Al-Ilmi.V6i2.2804

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 50–58.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i3.1279

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1–6. Https://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/View/7441/5618

Hasanah, A., & Haryadi, H. (2022). Tinjauan Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pendidikan Abad 21 Dalam Menghadapi Era Society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 266–285. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.Vi.7595

Humairah Zilda, B. & J. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Di Kota Banjarmasin. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5, 73–89.

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET Dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1458

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2589

Lely, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 284–289.

Mawati Arin, H. & Opan. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(1), 190–203. Https://Doi.Org/10.61116/Jkip.V1i3.172

Noor, I. H., Izzati, A., & Azani, M. Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Iseedu: Journal Of Islamic Educational Thoughts And Practices, 7(1), 30–47. Https://Doi.Org/10.23917/Iseedu.V7i1.22539

Nugraha, A., & Aminur Rahman, F. (2021). Android Application Development Of Student Learning Skills In Era Society 5.0. Journal Of Physics: Conference Series, 1779(1), 0–9. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1779/1/012014

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah Stain Purwokerto. 1(1), 24–44.

Nursiah & Dwi, Y. (2024). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 305–320.

Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Lebah, 13(2), 66–69. Https://Doi.Org/10.35335/Lebah.V13i2.63

Shohib, I. S. (2024). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Abad 21 Di Smk Raden Paku Wringinanom Gresik Learning Model Of Islamic Religious Education In The 21st Century At Raden Paku Vocational School Wringinanom. Jurnal Intelek Dan Cendikian Nusantara, 1(5).

Thaib Razali, I. S. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. 1(July), 216–228.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Syahrani P, S., Arief, A., & Rehani, R. (2024). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYONSONG ERA SOCIETY 5.0. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(4), 1005–1013. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/404