PENGARUH PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA: STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Keywords:
program, kampus, mengajar, komunikasi, interaksi, sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program Kampus Mengajar terhadap peningkatan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial mahasiswa prodi PTIK. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Program Kampus Mengajar (X), sedangkan variabel terikatnya adalah komunikasi (Y1) dan interaksi sosial (Y2). Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 25 mahasiswa prodi PTIK yang mengikuti program Kampus Mengajar angkatan 7. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan komunikasi mahasiswa, terbukti dengan peningkatan persentase mahasiswa dalam kategori tinggi dari 32% menjadi 52%, dan peningkatan keterampilan interaksi sosial pada kategori tinggi naik dari 40% menjadi 52%. Hasil ini menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial. Selain itu, hasil dari analisis regresi linear sederhana terhadap keterampilan komunikasi, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan persamaan regresi Y1 = 8,272 + 0,776X. Demikian pula, terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan interaksi sosial, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan persamaan regresi Y2 = 27,897 + 1,218X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial mahasiswa prodi PTIK di Universitas Negeri Makassar.
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. DOI: 10.47668/pkwu.v9i1.221
Fauziyah, N., Susanto, H., Rochgiyanti, & Syaharuddin. (2022). Interaksi Sosial Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Nurul Amin Alabio Tahun 1997-2020. Prabayaksa: Journal of History Education, 2(1), 23. DOI: 10.20527/pby.v2i1.5136
Hikmawati, H. (2022). Melatih soft skills mahasiswa melalui program kampus mengajar angkatan 3 tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37. DOI: 10.29303/ujcs.v3i2.190
Hikmawati, H., & Ayub, S. (2021). Penggunaan lembar kerja digital untuk mengembangkan keterampilan komunikasi mahasiswa pada mata kuliah Telaah Kurikulum Fisika. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 2(2), 42–46. DOI: 10.29303/goescienceedu.v2i2.141
Kemendikbud. (2023). Buku panduan kampus mengajar angkatan 6 tahun 2023. 1–59.
Mikdar, U. ., Ulfa, Z. D., & Abeng, A. T. (2021). Interaksi sosial mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi (PJKR) FKIP Universitas Palangka Raya di masa pandemi covid-19. Jurnal Litbang Edusaintech (JLE), 2(2), 93–99. DOI: 10.51402/jle.v2i2.40
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.3183
Sihombing, L. (2020). Pendidikan dan karakter mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Christian Humaniora, 4(1), 104–112.
Umam, C., & Nur Aini, A. (2021). Terpaan pemberitaan covid 19 di instagram terhadap perubahan interaksi sosial mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Jurnal Broadcasting Communication 3(1), 35–44. DOI: 10.53856/bcomm.v3i1.217