PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERINTEGRASI AYAT AL-QURAN
Keywords:
integration of Al-Qur'an verses, audio-visual media, development of learning media, blood circulation in humansAbstract
Media audio visual merupakan media cetak berbasis visual yang berfungsi menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk audio dan gambar dengan ukuran cukup besar yang digantung pada suatu penyangga dengan konten didalamnya dapat berupa audio, gambar, dan teks sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan dari hasil penelitian sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan kekurangan dan kelebihan dari hasil penelitian sebelumnya. Penelitian merupakan penelitian Research and Develoment (R&D), menggunakan metode PLOMP yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) Analisis; 2) Desain dan pengembangan prototipe; dan 3) Evaluasi. Data yang diperoleh menggunakan data kuantitatif yang berasal dari lembar validasi dan angket kepraktisan serta data kualitatif yang berupa komentar atau saran. Sumber data dalam penelitian ini yaitu validator ahli materi dan ahli media, guru dan 6 peserta didik. Berdasarkan hasil uji kevalidan dengan presentase rata-rata hasil validasi materi sebesar 80% dengan kategori valid dan presentase rata-rata validasi media 82,5% kategori valid. Hasil uji kepraktisan kepada respon guru dengan presentase rata-rata 90,22% kategori sangat praktis dan presentase rata-rata respon siswa 94,44% kategori sangat praktis dan valid.rdasarkan hasil validasi diatas bahwa audio visual sangat praktis dan dapat digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa audio visual yang dikembangkan sangat praktis dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran IPA di jenjang MTs.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Kedua). PT Remaja Rosdakarya.
Arian, R. (2023). Penggunaan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3503–3508. https://doi.org/10.55352/edu.v2i1.934
Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084
Asmara, A. P. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa Untuk Siswa Sma/Ma. Jurnal Pendidikan Sains (JPS)), 6(1), 73–85. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.73-85
Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Instruksional Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1521–1533. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.601
Hasanah, R. (2022). Development of a Mobile Learning E-book on Islamic Integrated Human Circulatory System for Class VIII SMP/MTs Students. Bioeducation Journal, 6(1), 20–32. https://doi.org/10.24036/bioedu.v6i1.364 p-ISSN
Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Kelly, A. E. (2009). An Introduction to Educational Design Research. In An Introduction to Educational Design Research (p. 130).
Napitupulu, R. P. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1804–1812. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7486
Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Nurrita, T. (2018). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYJKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(01), 171–187. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Seli, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyimak Syair Menggunakan Metode Discovery Learning dengan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 8(10), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37011/75676583598
Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289
Setiyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 198–203. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Setyawati, A. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 89–95. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Sundari, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi (pp. 1–137). Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifussin.
Syam, N. (2023). Peran Media Audio Visual Berbasis HOTS dalam Pembelajaran di SD Negeri Daya II. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.59638/jee.v1i1.13
Yerizon, Y. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Scientific Approach Menggunakan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 386–393. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.386-393
Zunaidah, F. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 84–90. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16729















