ANALISIS KUALITATIF PENGGUNAAN PLATFORM EDM DALAM MENUNJANG KESIAPAN AKREDITASI MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2024
Keywords:
Analisi Kualitatif, Platform EDM, Akreditasi MadrasahAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas platform Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dalam menunjang kesiapan akreditasi madrasah tingkat tsanawiyah di Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan adalah penelitian fenomenologi (Phenomenology): yakni memahami pengalaman dan persepsi pengguna platform EDM. Pendekatan ini memungkinkan pengumpulan data dari berbagai madrasah mengenai tingkat kemudahan penggunaan, kebermanfaatan, dan dampaknya terhadap proses persiapan akreditasi. Hasil analisis diperoleh bahwa 85% madrasah tsanawiyah memiliki kesesuaian antara nilai SKPM/EDM dengan nilai akreditasi yang diperoleh, maka seyogyanya stakeholder madrasah dapat melaksanakan evaluasi diri dengan sebaik-baiknya.
References
Badrudin. (2014). Manajemen peserta Didik.pdf (pp. 20–22).
Cv, A. P., & Persada, P. (n.d.). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner by Asrori (z-lib.org).
Komara E. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue January).
Mustafa. (2022). Evaluasi Diri Madrasah (EDM) pada Madrasah Aliyah Nahdatut Thulab Talang Babat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Program Studi Manajemen Pendidikan: Pascasarjana Universitas Jambi, 1–104.
Pesantren, P., & Langkan, Q. (2023). 2023-Ana Miftahul Jannah-2021.
Rusli Malli, S. R. R. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sarak (Syariat) Sebagai Unsur Pangngadakkang (Tradisi) Bagi Masyarakat Gowa. Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 1–23.
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Yaldi, Y., Zakir, S., Salim, A., & Lalusayuti, L. (2024). Revolusi Digital Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Mas Diniyah Limo Jurai: Peran Aplikasi Edm Kemenag. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 691–699. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1357
Zahro, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Yrama Widya.