ANALISIS KOMPARATIF TERHADAP TULISAN ARGUMENTATIF MAHASISWA MELALUI TOPIK YANG DAPAT DIPERDEBATKAN DAN YANG TIDAK DAPAT DIPERDEBATKAN

Authors

  • A. Kamariah Universitas Negeri Makassar
  • Andi Hajar Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kemampuan menulis, tulisan argumentasi, topik yang dapat diperdebatkan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian tulisan argumentatif mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Program Sarjana Terapan UNM dengan menggunakan topik yang dapat diperdebatkan dan yang tidak dapat diperdebatkan dalam lima komponen tulisan, yaitu isi, organisasi, kosa kata, struktur, dan mekanika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 38 mahasiswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel klaster. Penulis menggunakan tes menulis baik pada kelompok kontrol (tulisan mahasiswa menggunakan topik yang tidak dapat diperdebatkan) maupun pada kelompok eksperimen (tulisan mahasiswa menggunakan topik yang dapat diperdebatkan). Data yang diperoleh melalui tes dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menerapkan topik yang dapat diperdebatkan sebagai media untuk meningkatkan pencapaian tulisan argumentatif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pencapaian tulisan mahasiswa antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen setelah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan topik yang dapat diperdebatkan meningkatkan pencapaian tulisan argumentatif mahasiswa dan lebih produktif dibandingkan dengan penggunaan topik yang tidak dapat diperdebatkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik deskriptif dan inferensial dalam menguji skor mahasiswa baik pada pretest maupun posttest.

References

Brookfield, S. D., & Preskill, S. (2012). Discussion as a way of teaching: Tools and techniques for democratic classrooms. Jossey-Bass.

Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Pearson Education.

Brown, H. D. (2015). Principles of language learning and teaching (6th ed.). Pearson Education. Collins, W. (2003). Collins English Dictionary – Complete and Unabridged (6th ed.).

HarperCollins Publishers.

Gay, R. L. (2006). Educational research: Competencies for analysis and application (8th ed.).

Merrill Publishing.

Ghaith, G. (2002). The nature of writing process, approaches, model, and process writing activities. Online. Retrieved from http://www.ghaith.tsx.org

Grabe, W., & Kaplan, R. B. (1996). Theory and practice of writing: An applied linguistic perspective. Longman.

Harmer, J. (2004). How to teach writing. Pearson Education.

Hughes, A. (2003). Testing for language teachers. Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Schmidt, R. (2002). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics (3rd ed.). Longman.

Jacobs, H., Zinkgraf, S., Wormuth, D., Hartfiel, V., & Hughey, J. (1981). Testing ESL composition: A practical approach. Newbury House.

Lannon, J. M. (1992). The writing process: A concise rhetoric, reader, and handbook (5th ed.).

HarperCollins.

Murray, D. M. (2016). Writing to learn: A guide to teaching writing in college and beyond.

McGraw-Hill Education.

Neman, B. S. (1989). Teaching students to write. Oxford University Press. Oshima, A., & Hogue, A. (1999). Writing academic English (3rd ed.). Longman.

Oxford University Press. (1980). Oxford learners’ pocket dictionary. Oxford University Press. Salija, K. (2004). The effect of using formal outlines in writing exposition. State University of

Malang.

Smith, J. A. (2019). The role of debatable topics in enhancing students' argumentative writing skills. Journal of Educational Research, 45(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/eduresearch.2019.0045

Toulmin, S. (2003). The uses of argument. Cambridge University Press.

Woodman, W. (1988). Managerial lives in transition: Advancing age and changing times.

Guilford Press.

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Kamariah, A., & Hajar, A. (2024). ANALISIS KOMPARATIF TERHADAP TULISAN ARGUMENTATIF MAHASISWA MELALUI TOPIK YANG DAPAT DIPERDEBATKAN DAN YANG TIDAK DAPAT DIPERDEBATKAN. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(4), 1056–1067. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/414