PENGEMBANGAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 105338 DENAI KUALA
Keywords:
Media Tabel, TAKALINTAR, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan kelayakan, yang dihasilkan dari pengembangan media tabel perkalian pintar (takalintar) pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 105338 Denai Kuala. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau research and development (R&D). Subjek penelitian dari pengembangan media adalah ahli desain media, ahli materi, ahli pembelajaran (guru) dan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Objek dalam penelitian ini adalah media tabel perkalian pintar pada pembelajaran matematika yang diciptakan untuk membantu guru dalam pembelajaran matematika kelas IV SD. Berdasarkan hasil perhitungan di atas maka hasil penilaian dari ahli materi keseluruhan mencapai 80%. Jika persentase yang diperoleh mencapai 61% sampai 80% maka media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) dikategorikan layak. Dari perhitungan di atas diperoleh persentase 80% maka materi yang di dalam media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) dikategorikan layak. Sehingga materi yang sudah di validasi layak untuk di cantumkan di media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) dalam hal ini peneliti tidak perlu melakukan revisi.Berdasarkan hasil perhitungan di atas maka hasil penilaian dari ahli media keseluruhan mencapai 86,6%. Jika persentase yang diperoleh mencapai 81% sampai 100% maka Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) dikategorikan “sangat layak”. Dari perhitungan di atas diperoleh 86,6% maka media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli media, media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) sangat layak untuk dikembangkan dalam pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi perkalian bilangan bulat dengan persentase 86,6% hal ini berarti media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) termasuk dalam kategori “sangat layak”. Dalam hal ini peneliti tidak perlu melakukan revisi.
References
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. (Cetakan ke 21). Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Arifin, P. M. (2021). Inovasi Media Pendidikan di Indonesia. Jurnal Invoasi dan Riset Akademik, 2(9), 1366-1373.
Arikunto Suharmisi, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. .
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Astuti, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tabel perkalian pintar (takalintar) Materi Energi dan Perubahannya Kelas III Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Jou, M. M. Pengembangan Media Tabel perkalian pintar (takalintar) Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Gemar Berolahraga Untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Hasnah nur afifah, dkk, “Pengembangan Media PANLINTARMATIKA (Papan
Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2, No. 1, 2021.
SUGIARTI, Y. (2023). Pengembangan Media Takalintar Digital Pada Materi Perkalian Kelas Iii Sd Islam Terpadu Raudhaturrahmah Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
.Cholifah, T. N., & Kutipah, K. (2022). Pengembangan Media Talpin Mata Pelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd. Primary Education Journals (Jurnal Ke-Sd-An), 2(1), 16-26.
Sitepu, S. A. B., & Sitepu, M. S. (2022). Pengaruh Media TAKALINTAR terhadap Keterampilan Operasi Hitung Perkalian pada Siswa Kelas IV SDN 066657 Martubung. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 277-287.
Suhliyatin, N., & Yanuardianto, E. (2021). EVEKTIVITAS PENGGUNAAN TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA SD DIMASA PANDEMI COVID-19 DESA KAMAL KECAMATAN ARJASA. Prosiding Sembadha, 2, 301-303.
Angriani, N., Syam, H., & Wahyudi, A. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Takalintar Pada Materi Perkalian Siswa Kelas V SD Negeri Kaluku Bodoa. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 239-246.
Hasanah, S. R., & Sari, A. D. I. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PINTAR (TAKALINTAR) PESERTA DIDIK KELAS III UPT SD NEGERI 182 GRESIK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1222-1236.
Chaeruman, U. A. (2015). Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: DOI:10.13140/RG.2.2.14419.12329.
Dr. Wahab Abdul M.Si., J. M. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26, Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, A. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Karo-Karo, I. R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1)