PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF FLIPBOOK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA MATERI CINTA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101922 BERINGIN
Keywords:
Bahan Ajar, Flipbook, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengembangkan Bahan Ajar Interaktif Flipbook berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada materi Cinta Indonesia dikelas V SD.Untuk mengembangkan produk dengan valid, praktis, dan efektif ditinjau dari Bahan Ajar Interaktif Flipbook berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada materi Cinta Indonesia dikelas V SD. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan RnD (Research and Development) dengan model ADDIE Branch. Hasil penelitian ini adalah Hasil ahli pembelajaran yang dilakukan oleh ahli guru kelas V SD memperoleh nilai presentase 97%., Hasil ahli bahan ajar yang terdapat pada bahan ajar interaktif flipbook yang dikembangkan memperoleh nilai presentase 97%., Hasil validasi ahli materi yang terdapat pada bahan ajar interaktif flipbook memperoleh nilai presentase 97%., Hasil respon siswa yang terdiri dari 12 siswa melalui angket yang diberikan memperoleh nilai presentase 96%. Bahan ajar yang telah dikembangkan dapat diterapkan oleh guru kelas V SD dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dikatakan bahwa bahan ajar interaktif flipbook sudah dikatakan dengan kriteria sangat layak/valid untuk digunakan.
References
Damayanti, Y., Rostikawati, T., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-book Berbasis Flipbook Pada Subtema 2 Perubahan Lingkungan. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 626-634.
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2).
Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.
Inayati, U. (2022, August). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2322-2336.
Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7 (1), 20–26.
Mursidi, A. P., Prananto, I. W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi siklus air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 128-141.
Nora, B. I. Q., Malawi, I., & Suyanti, S. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis flipbook untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas v sdn 04 madiun lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 136-144.
Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.
Riskynianyo, H. R., Novita, L., & Windiyani, T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Manusia dan Lingkungan. Journal on Education, 6(3), 16091-16099.
Simbolon, G. S., & Purba, G. I. D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 422-439.
Sulandari, N., Suwignyo, H., & Hasanah, M. (2017). Bahan Ajar Interaktif Membaca Teks Dongeng Berbantuan Multimedia. Prosiding TEP & PDs, 64-72.
Syarifah, S. K., Windiyani, T., & Suchyadi, Y. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA KELAS V SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2611-2619.
Ulandari, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jeneponto.
Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X Sma/Ma. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).
Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flip book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67-76.
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Quanta, 5(3), 111-118.