PENGKAJIAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMPK WIGNYA MANDALA DALAM PEMECAHAN MASALAH HIMPUNAN
Keywords:
Kemampuan Koneksi Matematis, HimpunanAbstract
Mendeskripsikan kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMPK Wignya Mandala dalam Menyelesaikan soal Himpunan merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, Peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya (1) Tes, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, (1) Reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi dapat menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, dapat mengubah soal cerita ke dalam bentuk variabel dan mampu menghubungkan konsep himpunan dan konsep aljabar dalam menyelesaikan soal cerita serta menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. (2) Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang masih melakukan kesalahan dengan tidak menuliskan semua yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Mereka mampu mengaitkan konsep himpunan dan konsep aljabar dalam menyelesaikan soal cerita, namun dalam membuat diagram Venn masih belum tepat sehingga hasil akhir yang diperoleh juga masih belum tepat. Hal ini dikarenakan mereka belum memahami konsep himpunan dengan baik. (3) Siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah karena belum mampu menghubungkan konsep himpunan dan konsep aljabar dalam menyelesaikan masalah cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
References
Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800 Medan Area. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6460–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1130
Arifah, U., & Saefudin, A. A. (2017). MENUMBUHKAMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY. UNION, 263–272.
Effendi, K. N. S. (2017). PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK: Pemahaman: Kubus: Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.23969/SYMMETRY.V2I2.552
Fatqurhohman. (2016). PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127–133. https://doi.org/10.25273/JIPM.V4I2.847
Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif, and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29259
Pauji, H. M., & Arifin, U. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MTS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P657-666
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.30000
Nurbayan, A. A., & Basuki. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93–102. https://doi.org/10.31980/PME.V1I1.1369
Nurfitriani, C. D., & Qohar, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Himpunan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Romiyansah, R., Karim, K., & Mawaddah, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.20527/EDUMAT.V8I1.8342
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 144–163. https://doi.org/10.30651/MUST.V1I2.234
Suciati, I., Fabrika Pasandaran, R., Al Khairaat, U., & Cokroaminoto Palopo, U. (2021). HUBUNGAN KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 56–70. https://doi.org/10.30605/PEDAGOGY.V6I2.1596
Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). IMPLEMENTASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V7I1.5972
Syahrizal, H., Jailani Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Hasan Syahrizal, Ms., Jailani, Ms., Auliaurrasyidin Tembilahan Riau, S., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/JQ.V1I1.49